Edisi 27-05-2019
Hari Ini KPK Kembali Panggil Menteri ESDM


JAKARTA –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengagendakan pemeriksaan terhadap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebagai saksi untuk dua tersangka dalam dua kasus berbeda pada hari ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK se belumnya telah men g agen da kan pemeriksaan Menteri ESDM Ignasius Jonan sebagai saksi pada Rabu (15/5) dan Senin (20/5). “Sehingga, kami men jad wal - kan ulang pemeriksaan Men - teri ESDM Ignasius Jonan di hari Senin, 27 Mei ini. Kami ha - rap saksi bisa memenuhi pang - gilan penyidik dan mem berikan keterangan sebagai sak si untuk dua tersangka,” ungkap Febri saat dikonfirmasi, kemarin.

Mantan pegawai fung sio - nal pada Direktorat Gratifikasi ini menjelaskan, pemeriksaan Jo nan untuk tersangka Direktur Utama PT PLN (Per - sero) no n aktif Sofyan Basir dalam kasus dugaan suap pe - ngurusan per olehan kontrak kerja sama pro yek Inde pen dent Power Pro du cer (IPP) pe m - bangunan Pem bang kit Lis trik Tenaga Uap Mulut Tam bang Riau 1 atau IPP PLTU Riau-1 de ngan kapasitas 2 x 300 me - ga watt di Provinsi Riau milik PT PLN (persero). Selain itu, Jonan juga di pe - riksa untuk tersangka pemberi suap Rp5 miliar pemilik PT Bor - neo Lumbung Energi & Metal Samin Tan.

“Dalam konteks dua per kara itulah penyidik akan me - ngonfimasi dan mendalami keterangan yang bersangkutan (Jonan) sebagai saksi,” ujarnya. Sebelumnya, penyidik juga telah memeriksa Sekretaris Jen deral Kementerian ESDM Ego Syahrial dan Direktur Jen - deral Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono pada Rabu (8/5). Ego Syahrial mengatakan, dalam pe me rik - saan ada aspek berbeda yang didalami penyidik sehubungan dengan kasus tersangka Sofyan Basir dan kasus tersangka Samin Tan.

Sabir laluhu