Edisi 27-05-2019
Penumpang Pesawat Diprediksi Naik 3%


JAKARTA – Jumlah penumpang pesawat diperkirakan masih akan mengalami peningkatan pada musim Lebaran tahun ini kendati tiket maskapai tergolong masih tinggi.

Dari pantau an di Banda ra Inter nasio nal Soekar no- Hatta, Ceng ka reng, ke ma rin, pe ning katan jumlah pe num pang mu lai terasa. Oto - ri tas ban dara juga mencatat ada pe ning kat an jumlah take off mau pun land ing per harinya. “Dari beberapa hari ini terjadi peningkatan yang semula itu 1.300 take off-landing akan menjadi 1.470 take off-landing per hari,” ujar Menteri Per hubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengecek ke siapan transportasi Lebaran di Ban dara Soekarno-Hatta kemarin. Melihat tren penambahan ini, Menhub memperkirakan peningkatan penumpang di pe sawat pada tahun ini diperkira kan mencapai 2-3%.

Gelombang mudik sudah dapat terlihat dari persentase keterisian jumlah penumpang pesawat dari Jakarta menuju beberapa daerah yang sudah mencapai hampir 100%. Na - mun arus dari luar Jakarta ke Ja karta masih kurang dari 60%. Untuk meningkatkan oku pansi penumpang pesawat dari daerah lain menuju ke Ja - karta, Menhub mengimbau mas kapai untuk memberikan ta rif khusus atau promosi. Ti - ket khusus ini juga menum - buh kan dunia pariwisata di Indonesia, khususnya saat pe - riode libur Lebaran. “Untuk itu saya minta petugas di bandara untuk ekstra-kerja keras dan hati-hati agar kegiatan mudik di bandara ini berjalan lancar,” sebutnya.

Menhub menilai secara umum persiapan transportasi udara siap untuk melayani ang - kutan mudik atau balik Le - baran. Ini terlihat dari aktivitas perjalanan pesawat jelang mu - dik yang terbantu dengan ada - nya Airport Operation Control Center (AOCC). Dengan fasili - tas ini seluruh aktivitas band a - ra bisa terpantau semua mel a - lui CCTV. Sementara itu Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Per - sero) Muhammad Awaluddin memprediksi puncak arus mu - dik akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019 atau lima hari je - lang Lebaran. PT Angkasa Pura II telah menerima permintaan extra - flight atau penerbangan tambahan sebanyak 1.200.

Na mun dari sejumlah itu Ke men - hub saat ini baru menyetujui 82 penerbangan. Menteri Kesehatan Nila Moe loek mengatakan, pihak - nya menyediakan 17 posko ke - sehatan di Bandara Inter na sio - nal Soekarno-Hatta dan dua pos ko di Bandara Halim Perda - na kusuma. Pos kesehatan ter - se but diharapkan dapat mem - bantu siapa pun untuk men da - patkan pemeriksaan maupun pengobatan kesehatan. “Kegunaan dari pos ke se - hatan ini sangat bermanfaat un tuk mengantisipasi penum - pang yang sakit dan pe num - pang yang ingin mengecek ke - sehatannya. Kami menyi a ga - kan 30 dokter yang bersiaga,” tuturnya.

Perlintasan Dekat Exit Toll Ditutup

Jalan tol tahun ini dipre dik si menjadi primadona bagi pe - mudik. Namun banyaknya per - lintasan di dekat pintu keluar tol (exit toll) justru rawan me micu kemacetan. Guna meng anti si - pasi kemacetan parah, Ke men - terian Perhubungan akan me - nu tup sejumlah per lintasan kam pung di dekat exit toll. Penutupan perlintasan ter - sebut antara lain dilakukan de - kat exit toll di Kota Salatiga.

Dir jen Perhubungan Darat Ke - menhub Budi Setyadi meng - aku telah meminta Dinas Per - hu bungan (Dishub) Kota Sala - tiga dan kepolisian untuk me - nu tup sementara perlintasan ter sebut. “Exit toll yang lang - sung mengarah ke jalan kabu - paten/kota seperti di exit tol l Tingkir ini diprediksi bakal ter - jadi kepadatan arus lalu lintas. Karena itu saya minta pihak-pi - hak terkait agar menutup se - mentara jalan-jalan perkam - pung an yang tidak terlalu pen - ting agar potensi kemacetan berkurang,” kata Budi Setiyadi saat melakukan inspeksi di Salatiga, Sabtu (25/5). Menurut dia, di kawasan exit toll Tingkir berpotensi ter - jadi kemacetan saat arus mu dik Lebaran karena kondisi ja lan sempit dan terdapat ba nyak per lintasan menuju per kam - pungan.

Ini harus dianti si pasi agar potensi terjadinya ke ma - cetan bisa dikurangi. “Se lain me nutup sementara per lin tas - an menuju perkam pung an, juga perlu dilakukan buka tu - tup jalur di exit tol l hingga per - tigaan Terminal Tingkir apa bila terjadi kepadatan me nyesu ai - kan dengan situasi di la pang - an,” ujarnya. Dia mem per kira - kan, saat arus mudik nanti banyak pemudik yang ke luar dari jalan tol Semarang-Solo me nuju Salatiga, Mage lang, dan Boyolali melalui exit toll Tingkir. Karena itu dibu tuhkan penanganan khusus guna meng antisipasi terja di nya pe - numpukan kendaraan di ruas tol dan kemacetan di exit toll hingga jalan kabupa te n/ ko ta.

Budi Setiyadi juga meng im - bau pemerintah daerah yang wilayahnya terdapat pasar tum - pah pada jalur jalan na sio nal supaya melakukan pe ner tib an sebelum arus mudik Le baran nanti. Imbauan ini pun sudah disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi saat ber kunjung ke Jawa Barat, Jawa Ti mur, Jawa Tengah, dan Lam pung. Kasatlantas Polres Salatiga AKP Marlin Supu Payu me nya - ta kan, pihaknya sudah menyi - ap kan skema rekayasa arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan exit tol l Tingkir pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti.

Lang - kah yang akan dilakukan an ta - ra lain menerapkan system bu - ka tutup jalur dan menutup be - berapa ruas jalan perlintasan perkampungan. Jalan perlin - tas an perkampungan yang akan ditutup sementara pada saat arus mudik Lebaran nanti antara lain jalan alternatif Ting kir, Salatiga menuju Su - ruh, Kabupaten Semarang.

Oktiani endarwati/ angga rosa