Edisi 27-05-2019
Ramp-check Angkutan Lebaran Diperketat


JAKARTA –Pemerintah memperketat proses pemeriksaan laik jalan (ramp-check) angkutan Lebaran 2019 untuk meningkat kan kualitas pelayanan dan keamanan penumpang.

Hal ini disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, kemarin. Dalam sidak tersebut, Budi menemukan satu bus yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak diizinkan beroperasi. “Kalau bus bagus, masyara - kat banyak yang menggunakan bus untuk angkutan massal. Kita selalu berusaha untuk me - ningkatkan pemakai angkutan massal meningkat,” katanya. Kementrian Perhubungan, kata Budi, akan mening kat - kan level of service dari Terminal Kampung Rambutan. Terma suk mendisiplinkan armada me - laluiramp-check dan pene rapan tarif tiket yang sesuai de ngan ketentuan yang ber laku. Ramp - check seperti ini su dah disosi ali - sasikan di Jabar, Ja teng, Jatim, Banten, dan Lampung.

“Kami minta jangan hanya di Jakarta, tapi di semua tempat dilakukan ramp-check, jangan sampai ada bus-bus yang tidak lengkap. Tadi ada satu bus yang tidak memenuhi syarat. Oleh k a - renanya, kita tidak bisa meng - izinkan bus tersebut melakukan perjalanan,” tegasnya. PltKepalaDinasPer hu bu ngan DKI Jakarta Sigit Wijat mo ko me - ng akui masih ada ar mada yang ter kena sanksi ketika ramp - checkdilakukan jelang mudik. Da - lam pra-ramp -check be berapa wak tu lalu, pihaknya hanya melaku kan imbauan kepada para ope - ra torbusagarmelakukanper baik - an ketika kedapatan ada yang tidak memenuhi per sya ratan.

“Pra-ramp-check tidak dila - ku kan penindakan, sekarang di bu tuhkan tanda bukti peng - urusan dokumen perizinan dan fisik untuk bisa menjadi ang - kut an Lebaran,” ungkapnya. Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Ter mi - nal DKI Jakarta Muslim me nga - takan, sejak April lalu pihaknya tengah mempersiapkan ang - kut an Lebaran di empat ter mi - nal tipe A, yakni Terminal Pul o - gebang, Kampung Ram but an, Kalideres, dan Tanjung Priok. Di antaranya membenahi ja - lur kedatangan, infrastruktur, penerangan, hingga pen a taan poolkendaraan.

Bima setiyadi