Edisi 27-05-2019
Menperin Apresiasi Program Sampoerna Retail Community


JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meng apresia si program pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sektor ritel, Sampoerna Retail Community (SRC), yang dilakukan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) sejak 2008 silam.

Setelah berjalan 11 tahun, kini jaringan SRC telah menjangkau 105.000 peritel tradisional di 34 provinsi di Indonesia. “Sampoerna Retail Com - mu nity (SRC) sebagai wadah UKM ritel merupakan salah satu contoh program pember dayaan UKM, khususnya peritel tradisional, di tingkat nasional yang berhasil,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya di sela-sela HUT ke-11 SRC di Jakarta bebe ra - pa waktu lalu. Pada acara tersebut jaringan peritel ini juga meluncurkan identitas baru, aplikasi “AYO SRC” dan “Pojok Lokal”.

Aplikasi AYO SRC me ru - pa kan terobosan inovatif un - tuk memudahkan akses para anggota SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, men da - pat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna dan memudahkan proses pe - ngelolaan toko. Peluncuran aplikasi ini juga turut me n du - kung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang. Sementara itu Pojok Lokal adalah salah satu bentuk nya - ta dukungan SRC ter hadap UKM lokal. Seluruh anggota SRC menerapkan pende kat - an usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah se - tempat melalui Pojok Lokal.

SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka se - bagai salah satu upaya men - dorong ekonomi kerakyatan di daerah melalui slogan “Ber belanja Dekat Rumah”. Menurut rilis Badan Pu sat Sta tistik (BPS), per tum buh - an ekonomi kuartal I/2019 tumbuh 5,07% y-o-y, lebih ting gi bila diban ding kan de - ngan laju ekonomi pada kuar - tal I/2018 sebesar 5,06%. Salah satu yang men - dorong pertumbuhan ter - sebut ada lah konsumsi ru - mah tangga masyarakat yang tumbuh pos itif. Pen jualan eceran tum buh 8,10%, me - nguat bila di bandingkan de - ngan kuar tal I/2018. Pe - nguatan antara lain terjadi pada penjualan makanan dan minuman, perlengkapan ru - mah tangga, dan barang lain - nya.

Sementara itu Direktur Urusan Eksternal Sam poer - na Elvira Lianita mengatakan pihaknya berkomitmen ber - kon tribusi terhadap pe ngem - bangan UKM di Indonesia. “Sampoerna bangga mendukung program pe me - rin tah melalui pembinaan ter hadap toko kelontong yang tergabung dalam SRC sebagai bagian UKM Indo - nesia. Kami berharap dapat te rus mendukung SRC untuk ber inovasi agar dapat terus meningkatkan daya saing usaha sehingga mam - pu meng gerakkan roda eko - no mi di Indonesia,” papar Elvira.

Yanto kusdiantono