Edisi 27-05-2019
UMKM Binaan BNI Gelar Bazar Rumah Kreatif


JAKARTA – Produk-produk usa ha mikro kecil dan mene ngah (UMKM) mitra binaan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dari berbagai kota hadir di Bazar Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Acara ini digelar khusus un tuk membuka jalan bagi para pe laku UMKM binaan BNI ke arah pasar perkantoran mo dern. Direktur Bisnis Usaha Mi - kro Kecil Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI Catur Budi Harto mengatakan, melalui ba - zar yang digelar di Lobi Graha BNI Kantor Pusat, Sudirman ini pelaku UMKM yang ratarata adalah produsen dapat me nemukan pembeli-pembeli baru. Adapun para pekerja kan - toran bisa menjadi pembeli yang mudah menemukan ba - rang-barang kesukaannya de - ngan harga murah karena lang - sung dijual para produsennya.

“Itulah hubungan simbiosis mu tualisme yang dibangun BNI secara kreatif melalui se - bu ah bazar. Inilah juga sema - ngat pelayanan BNI selama Ra - madan 2019 yang coba di sam - pai kan kepada para pejuang eko nomi di segmen UMKM itu, yakni Mari Melipatgandakan K e baikan,” ucap Catur di Ja kar - ta akhir pekan. Dia melanjutkan, Bazar RKB diikuti oleh 20 UMKM dan mereka telah menjajakan pro - duk-produk unggulannya se la - ma 22-24 Mei 2019. “Beragam kesempatan untuk membuka pasar baru selalu disiapkan BNI kepada para mitra UMKM-nya. Langkah ini merupakan salah satu upaya korporasi yang di - lakukan untuk mendorong pa - ra pengusaha tersebut naik ke - las,” jelasnya.

Ada banyak produk yang ter sedia dari para mitra binaan mulai dari fashion , makanan, hingga kerajinan tangan. Ada banyak manfaat bagi UMKM yang mengikuti ajang ini. Se - lain mendapatkan pem belipembeli baru, produk ja uh-ja - uh dibawa ke Jakarta juga laku keras. Seperti yang dialami Har ti Ningsih, pengusaha Ren - dang Kemasan Subana Bana Ran dang Padang. “Saya mem - ba wa 80 kilogram rendang ke ba zar ini, dan sekarang sudah mau ha bis. Sementara yang men cari-cari produk ini masih ba nyak. Untuk yang tidak ke - ba gian ren dang, kami minta un tuk me me san secara online, nan ti kami ki rim,” ujar Harti.

Harti juga memperoleh ber - kah dari ada silaturahmi de - ngan banyak orang di Bazar RKB BNI ini. Antara lain ada so - lusi dari pa sokan daging sapi un tuk ba han dasar rendangnya se hingga dia bisa saja mem pro - duksi ren dang lebih banyak lagi. Ke pas ti an pasokan bahan baku daging ini membuat Harti lebih te nang dalam memasok pem be li uta ma nya, yang juga peng eks por rendang ke be berapa ne ga ra, yaitu Arab Saudi, Singa pu ra, Tai wan, dan Vietnam.

Kunthi fahmar sandy