Edisi 27-05-2019
Bank BJB Siapkan Dana Tunai Rp9,17 T


BANDUNG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menyiapkan dana tunai sekitar Rp9,17 tri liun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat men jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB M Asíadi Bu diman mengatakan, jumlah dana likuiditas yang disiapkan di sesuaikan dengan proyeksi ke - butuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H yang di ke luar - kan untuk kebutuhan ope ra sio - nal. Dana itu akan di dis tri bu si - kan ke seluruh jaringan kan tor Bank BJB di seluruh Indo nesia. Menurut Asíadi, distribusi da na likuiditas selama Rama dan dan Idul Fitri ini dilakukan gu na menunjang kebutuhan uang ma syarakat yang dipre dik si meng alami kenaikan. Pe ningkat an transaksi diprediksi bakal terjadi dari segi volume mau pun pengambilan uang tunai.

“Distribusi akan dilakukan secara bertahap. Kami berharap masyarakat bisa meman faat - kan semaksimal mungkin dana yang siap dicairkan untuk me - me nuhi kebutuhan Lebaran,” kata Adi kemarin. Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mencatat, kebutuhan uang kartal pada periode Rama dan/ Idul Fitri 2019 diperkirakan se - besar Rp217,1 triliun atau tum - buh 13,5% (yoy) dibandingkan pe riode Ramadan/Idul Fitri 2018 dari Rp191,3 triliun. Ang ka tersebut sedikit lebih tinggi di - bandingkan dengan pertum buh - an rata-rata lima tahun ter akhir sebesar 13,3%.

Deputi Gu bernur BI Rosmaya Hadi me nga takan, uang tunai tersebut ter di ri atas uang pecahan besar se be sar Rp197,2 triliun dan uang pe cah - an kecil sebesar Rp19,9 trili un. Sementara itu, Bank Man - diri menyiapkan dana tunai se - besar Rp54,9 triliun atau seki - tar Rp1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebu - tuhan uang tunai di masyarakat pada bulan Ramadan dan men - jelang Idul Fitri 1440 H. PT Bank Tabungan Negara (Per sero) Tbk (BTN) menyiap - kan dana sebesar Rp14,58 trili - un.

Direktur Utama BTN Mar - yo no mengatakan, perseroan mengalokasikan Rp4,37 triliun atau 30% dari persiapan dana tersebut di 2.126 ATM Bank BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara 70% da - na yang disiapkan atau seba - nyak Rp10,21 triliun akan dianggarkan untuk kas kantor ca - bang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas.

Arif budianto