Edisi 27-05-2019
Angin Segar buat Industri Film Tanah Air


MNC Pictures secara resmi merilis poster dan trailer film Koki- Koki Cilik 2 , sekaligus mengumumkan jadwal rilis bioskop film liburan anak dan keluarga tersebut.

Film besutan sutradara Viva Westi yang tayang pada 27 Juni mendatang itu menjadi angin segar bagi industri film karena sarat nilai sosial dan edukasi bagi keluarga dan anak-anak. Poster film Koki-Koki Cilik 2 terlihat berbeda daripada sebelumnya. Dalam poster terlihat seluruh pemeran, seperti Ringgo Agus, Romaria, Farras Fatik, Alifa Lubis, Marcello Mahesa, Ali Fikri dan Clarice Cutie. Tampak juga pemain baru, yakni Christian Sugiono, Muhammad Adhiyat, dan Kimberly Rider. “Ini sekuel Koki-Koki Cilik yang menurut banyak orang sukses. Kami berhasil membukukan 600.000-an penonton,” ujar Executive Producer MNC Pictures Muhammad Soufan, saat perilisan official poster dan trailer Koki-Koki Cilik 2 di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (24/5).

Muna, sapaan akrabnya, mengatakan, guna meramaikan industri perfilman Tanah Air, rumah produksi yang dipimpinnya itu akan membuat lebih banyak film pada tahun ini. Film itu akan bertemakan keluarga seperti halnya Koki Cilik 2 . “Tahun ini cukup banyak film yang kami buat. Ada dua lagi kalau enggak salah yang akan kami buat, film bertemakan keluarga,” tegas Muhammad Soufan. Bukan tanpa alasan MNC Pictures banyak memproduksi film bertemakan keluarga. Selain itu, Indonesia saat ini minim film keluarga dan anak-anak. MNC Pictures mencoba memenuhi kebutuhan tersebut. Film-film yang digarap MNC Pictures akan mengobati kerinduan dan kehausan masyarakat Indonesia terhadap film keluarga dan anak-anak.

“Cukup banyak film bertemakan keluarga, karena cukup digemari dan menjadi tuntunan. Bisa berfaedah untuk orang banyak, menguntungkan dari sisi bisnis dan memeriahkan industri film,” katanya. Sementara itu, Viva Westi mengatakan, membuat sekuel film Koki Cilik tak ubahnya seperti mengolah resep dapur ke sajian visual, yakni gampang-gampang susah. Namun, tantangan tersebut dijawab dengan kualitas gambar dan cerita dalam film tersebut. “Ini film pertama saya dengan anak-anak dan tantangannya berbeda dari film-film sebelumnya, berbeda dari film perang dan horor. Ada (Koki-Koki Cilik ) satu dan dua, degdegan juga karena orang senang membandingkan. Sangat menyenangkan karena syuting dengan anak-anak yang banyak,” ucap Viva Westi.

“Kita syuting 23 hari di Jakarta, Bogor, dan Sukabumi. Hampir 80% hujan setiap hari. Di Koki-Koki Cilik sudah beranjak dewasa dan ada penambahan tokoh Adit. Bagaimana mereka berusaha menyelamatkan cooking camp enggak boleh tutup,” lanjutnya. Menjalani debut dalam produksi film anak-anak juga dialami aktor Christian Sugiono dalam film anak-anak. Dalam keterlibatan pertamanya di film anak-anak ini, suami Titi Kamal itu memerankan Chef Evan.”Gue enggak pernah main film anak (sebelumnya),” sebut Christian Sugiono. Tian, sapaan akrabnya, pun senang bisa bermain di film Koki-Koki Cilik 2 yang tayang di bioskop pada Juni mendatang.

Bahkan, aktor kelahiran Jakarta, 25 Februari 1981 ini mengaku tidak kesulitan saat berperan sebagai celebrity chef , mengingat dirinya sempat bekerja di salah satu restoran di Jerman. “Kebetulan gue bisa masak karena pernah kerja di restoran Jerman. Sudah bertahuntahun, jadi enggak ada masalah cuma memang sebelum syuting dan syuting, kita ada coach -nya. Mengajari teknik masak yang benar gimana , biar kelihatan bagus. Mungkin yang banyak belajar masak, anak-anak, karena adegan mereka masak lebih banyak dibanding gue,” ucap Christian Sugiono Bukan tanpa alasan bapak dua anak itu bersedia main di film untuk anak-anak ini.

Christian menjelaskan, dirinya ingin memainkan film anak-anak agar bisa disaksikan juga oleh buah hatinya. Apalagi, saat ini anak pertamanya, Arjuna Zayan Sugiono sudah mulai menonton film di bioskop dan kritis. Oleh karena itu, Duta Pengetahuan Bebas (2009) ini pun akhirnya mau menerima tawaran bermain di film ini. Dia pun sudah berencana akan mengajak anak pertamanya itu untuk menonton film Koki-Koki Cilik 2 yang dibintanginya itu. “Gue pengin punya film yang anak gue bisa nonton dan produksinya sama anak-anak juga. Gue mau ajak anak gue, Juna nonton . Akhirnya dia bisa nonton film bapaknya. Apalagi dia sekarang sudah bisa nonton kan. Terakhir dia nonton film Titi.

Dia kritis habis kalau nonton , suka komentar,” katanya. Para pemain Koki-Koki Cilik pertama seperti Bima (Farraz Fatik), Melly (Alifa Lubis), Kevin (Marcello), Alva (Ali Fikri), Niki (Clarice Cutie) dan Key (Romaria) kembali hadir dalam sekuelnya. Menariknya, mereka kedatangan tamu baru yang akan bergabung, yaitu Adit yang diperankan Adhiyat. Dia datang didampingi Tante Adel (Kimberly Rider).

Thomasmanggalla