Edisi 27-05-2019
Indonesia Damai dari Musisi Lintas Generasi


SEDERET musisi lintas generasi dari label Musica Studio menyuarakan keprihatinan akan aksi massa yang berujung pada kericuhan di seputaran Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, dan Petamburan Slipi lewat sebuah lagu berjudul Indonesia Damai .

Lewat lagu ciptaan vokalis band DMASIV Rian Ekky Pradipta ini, mereka semua ingin menyebarkan pesan sejuk dan damai guna meredakan suasana agar masyarakat kembali bersatu pascaaksi 21-22 Mei 2019. Total ada 17 musisi yang terlibat, sebut saja Iwan Fals, Ebiet G Ade, Titiek Puspa, Vina Panduwinata, Rafika Duri, Ariel NOAH, Ubay Nidji Regina Poetiray, Shakira Jasmine, Maizura, Zara Leola hingga Momo Geisha, dan Giring Nidji yang masih vakum dari dunia musik. Rian selaku penulis lagu Indonesia Damai pun mengaku terinspirasi membuat sebuah lagu bertajuk Indonesia Damai yang diharapkan bisa meredakan suasana.

Lagu ini tercipta berawal dari obrolan santainya bersama Titiek Puspa, Rian D’MASIV didesak untuk menulis lagu agar meredakan suasana dan kembali bersatu dan damai. Musisi berusia 32 tahun tersebut menciptakan lagu berjudul Indonesia Damai . “Mudah-mudahan dengan lagu Indonesia Damai ini bisa bikin semua orang adem. Bisa lebih menghargai perbedaan saling melindungi,” kata Rian saat ditemui SINDO di sela rekaman lagu Indonesia Damai di studio Musika di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (23/5) malam. Mantan vokalis Geisha, Narova Morina Sinaga atau sering dipanggil Momo mengaku butuh waktu lama untuk memutuskan ikut terlibat dalam proyek lagu ini.

Ia mengaku sempat merasa takut untuk berangkat karena melihat kondisi Jakarta yang sedang tidak kondusif. “Terima kasih karena Momo diundang di sini dan diikutsertakan karena Momo pribadi melihat kondisi Indonesia sekarang prihatin, cuma ini yang bisa Momo lakukan sekarang, mungkin dengan sedikit menyumbangkan suara bisa berguna,” ujar Momo. Musisi lainnya yang juga ikut angkat suara adalah mantan vokalis grup musik Nidji, Giring Ganesha. Ia mengaku senang bisa terlibat dalam proyek lagu Indonesia Damai.

“Senang karena ikut dalam proyek yang luar biasa, apa pun buat Indonesia agar mempersatukan lagi, salah satu cara untuk mempersatukan kembali keutuhan ini adalah dengan musik dan kebudayaan,” kata Giring.

Thomasmang