Edisi 12-06-2019
Gurun Pasir Eksotis di Dunia


Ada banyak tempat di Bumi yang menawarkan pesona alam luar biasa. Tempat-tempat tersebut terkadang jarang terjamah oleh manusia, namun memiliki keindahan yang tiada duanya. Salah satunya padang gurun pasir.

Berikut sejumlah padang pasir yang memiliki pemandangan memesona dan eksotis.

GOBI

Berada di China dan Mongolia, Gurun Gobi merupakan padang pasir terbesar di Asia. Meskipun Gurun Gobi termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini terbilang ekstrim. Di siang hari, suhu di Gurun Gobi bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di malam harinya, suhu bisa mencapai minus 40 derajat celcius. Nama Gobi diambil dari Bahasa Mongolia, yang artinya besar dan kering.

KALAHARI

Gurun Kalahari adalah salah satu gurun terluas di Afrika. Gurun yang berada di Afrika Selatan ini melintas beberapa Negara, seperti Bostwana, Namibia, dan Afrika Selatan. Intensitas curah hujan di gurun ini berkisar antara 3 – 7,5 inci. Kalahari bukan sepenuhnya gurun pasir yang panas dan gersang sehingga lebih banyak spesies !ora dan fauna yang dapat hidup di sini.

ARABIA

Kondisi di gurun ini sangat kering dan panas karena curah hujan yang terjadi sepanjang tahun hanya sekitar 100 mm saja. Adapun spesies fauna yang hidup di Gurun Arabia adalah rusa, kijang, kucing pasir, dan kadal berekor duri. Gurun yang suhu tertingginya bisa mencapai 46 derajat celcius ini juga merupakan penghasil sumber daya minyak, belerang, gas alam, dan fosfat.

PATAGONIA

Patagonia merupakan gurun musim dingin di Argentina Selatan. Gurun ini berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik dan Pegunungan Andes. Mengingat Patagonia termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini bisa mencapai 3 derajat celcius dan tidak pernah lebih dari 12 derajat celcius. Musim dingin di gurun ini berlangsung selama 7 bulan, sedangkan musim panasnya hanya 5 bulan.

GREAT VICTORIA

Gurun pasir di Australia ini bukan hanya berisi hamparan pasir saja, tetapi ada juga dataran padang rumput, gurun berkerikil, dan daun garam. Gurun ini sering dilewati oleh badai, terhitung ada sekitar 15-20 badai yang terjadi di sini setiap tahunnya. Pada musim panas, suhu udara di Great Victoria bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di musim dingin sekitar 18-23 derajat celcius.

SURIAH (SYRIAN DESERT)

Gurun Suriah merupakan jenis gurun subtropis yang melintasi bagian tenggara Suriah, timur laut Yordania, utara Saudi Arabia, dan barat Irak. Mengingat gurun ini merupakan jenis gurun subtropis, lebih banyak spesies hewan yang memiliki habitat di gurun ini, seperti bangau, kuntul, jackal, rusa, tikus kecil, burung unta, sampai dengan predator seperti laba-laba, ular, dan kalajengking.

SAHARA

Gurun Sahara adalah gurun terluas di Afrika yang melintasi berbagai negara, mulai dari Aljazair, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Mesir, Niger, Sudan, dan Tunisia. Tidak hanya terdiri dari gurun pasir saja, Gurun Sahara ini juga memiliki pegunungan gersang, dataran tinggi, dan oasis. Uniknya, salah satu gurun terpanas ini memiliki kurang lebih 20 danau dan waduk bawah tanah.

GREAT BASIN

Great Basin adalah salah satu gurun pasir terluas di dunia yang melintasi Nevada, Utah, Oregon, dan California di Amerika Serikat (AS). Gurun pasir musim dingin ini memiliki luas wilayah 492.000 km2. Curah hujan di gurun ini merata dengan kuantitas 7-12 inci per tahun. Mengingat Great Basin adalah gurun musim dingin yang berada di dataran tinggi, maka suhu di setiap ketinggian berbeda.

TAKLAMAKAN

Gurun Taklamakan merupakan gurun pasir di China. Sebelah timur Taklamakan berbatasan langsung dengan Gurun Gobi. Secara geogra"s, luas gurun ini mencapai 337.000 km2, yakni sedikit lebih kecil dari luas Jerman. Suhu paling ekstrem di gurun ini bisa mencapai -20 derajat celcius saat musim dingin, sedangkan musim panas bisa mencapai 40 derajat celcius.

KARAKUM

Di Turkmenistan terdapat gurun pasir cukup besar, yaitu Karakum. Gurun di Asia Tengah ini luasnya berkisar antara 350.000 km2. Yang membuat gurun ini ramai dikunjungi adalah terdapat sebuah kawah gas alam yang mengeluarkan api tidak pernah padam sejak tahun 1971. Setiap tahun ada ribuan pengunjung yang datang ke Karakum hanya untuk melihat kawah berapi ini.

Fakta Unik Gurun Pasir

Pisco Holes, dereten 6.900 lubang misterus di gurun

Deretan lubang dengan dalam dua meter di temukan sepanjang 1,5 km dan lebar 20 meter di tengah gurun Pisco, Peru. Lubang ini dibuat dengan melubangi sebuah batuan tebing. Sebuah lubang memiliki barisan yang bisa dibilang presisi dengan lubang di depannya. Ilmuwan belum dapat menjelaskan apa fungsi dari lubang-lubang ini. Beberapa mengatakan jika lubang ini digunakan untuk menguburkan jenazah.

Sabuk raksasa nitrat di Gurun Atacama

Gurun Tacama adalah tempat paling kering di dunia ini. Bahkan Charles Darwin mengatakan jika tidak mungkin ada kehidupan di gurun dengan tingkat curah hujan mencapai 1 milimeter per tahun. Namun hal mengejutkan justru terjadi di tempat paling kering ini dan sampai sekarang tidak ada ilmuwan yang mampu menjelaskan gejala alam super dahsyat ini.

Spesies terduga manusia tak dikenal

Pada 2011 di sebuah gurun di Kenya ditemukan artefak benda yang dipercaya adalah buatan makhluk menyerupai manusia. Artefak yang ditemukan berjumlah 149 buah dan berbentuk sebuah batu runcing terbuat dari semacam semen. Dari sebuah uji material, batuan ini telah berusia sekitar 3,3 juta tahun. Dan saat itu belumlah ada spesies manusia purba yang menjadi cikal-bakal manusia modern.

Reruntuhan kuno Syiria yang lebih tua dari era piramida

Sebuah reruntuhan kuno ditemukan di gurun Syiria. Terletak 80 kilometer dari kota modern Damaskus. Arkeolog belum bisa menemukan informasi mengenai siapa pembuat kota ini dan apa namanya. Diperkirakan kota kuno ini telah dibuat sekitar 6.000-10.000 tahun lalu, sebelum era Piramida datang dan mulai menguasai Mesir.

Empat arah mata angin gas metana

Pada 2003, sebuah satelit menangkap adanya pancaran gas metana dalam jumlah sangat besar di gurun Amerika Serikat. Gas ini menciptakan sebuah awan tebal di negara bagian Colorado, New Mexico, Arizona, dan Utah. Hal mengejutkan lainnya adalah gas penyebab efek rumah kaca ini mampu bertahan selama 6 tahun dan berhenti begitu saja tanpa bisa dijelaskan oleh para ilmuwan.

Fairy Circle, lingkaran peri tak terjelaskan

Ada ribuan lingkaran dengan diameter 2-20 meter memenuhi sebuah gurun di Namibia. Penduduk setempat menyebut jika lingkaran itu adalah milik dari peri. Para peneliti sampai terkagum-kagum terhadap lingkaran yang di sekelilingnya ditumbuhi oleh rumput sepanjang 1.800 km ini.

Gurun Pasir Cantik di Indonesia

Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo terketak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Karakteristik pasir yang ada di lokasi ini sangat mirip dengan pasir di gurun pasir yang terdapat di negara Meksiko. Konon, pasir-pasir di sini terbawa dari material Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo.

Pasir Berbisik Bromo, Jawa Timur

Pasir Berbisik merupakan salah satu tempat wisata yang letaknya di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di sebelah timur kawah Bromo yang berada di ketinggian 2000 m dari atas permukaan laut. Mengapa dikatakan pasir berbisik? Karena saat angin sedang bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran pasir yang terdengar seperti sedang membisikkan sesuatu.

Bukit Pasir Busung, Kep. Bintan Riau

Bukit Pasir Busung merupakan gurun pasir yang berada di Bintan, Kepulauan Riau. Bukit Pasir Busung aslinya adalah peninggalan bekas penambangan bauksit yang dulunya diekspor ke luar negeri.

Padang Pasir Pantai Tulamben, Bali

Perairan Tulamben terkenal dengan keindahan bawah lautnya, tak jarang wisatawan berdatangan kemudian menyelami perairan tersebut. Namun, pada bagian daratannya Tulamben juga mempunyai padang pasir. Padang pasir tersebut berada di Area Tulamben Desa Kubu. Hamparan pasir yang luas akan memanjakan Anda dengan keindahan pantainya.

Gumuk Pasir Rantebua, Tana Toraja

Salah satu tempat wisata terbaik di Tana Toraja Sulawesi Selatan adalah Gumuk Pasir Rantebua. Gumuk Pasir Rantebua juga sering disebut dengan nama Gumuk Pasir Sumalu karena letaknya berada di Kota Rantepao, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara. Gurun pasir yang ada di sini terlihat sangat eksotis karena warna pasirnya cenderung hitam gelap.

Padang Pasir Oetune, NTT

Padang Pasir Oetune berada di dekat Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur. Eksotisnya pasir di Gumuk Pasir Rantebua cenderung berwarna hitam gelap, sementara pasir di Padang Pasir Oetune berwarna cokelat gelap. Sekilas warna padang pasir di sini mirip dengan padang pasir di Mesir.

KORAN SINDO/HARDIANSYAH