Edisi 12-06-2019
Kelurahan Motoboi Kecil Sabet Juara Pertama


KOTAMOBAGU - Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan keluar menjadi juara pertama Festival Pesona Monuntul Kota Kotamobagu yang dihelat tiga hari sebelum Idul Fitri 1440 Hijriah.

Penilaian diambil dari tiga tingkatan kategori yakni tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sebesar 40%, kreasi lampu hias listrik dan lampu botol (tuntul) 25%, serta keserasian dan kreativitas dalam penataan tuntul dan lampu hias 35%.

”Tahun ini Motoboi Kecil menjadi juara pertama,” kata ketua tim juri Pesona Monuntul 2019, Jainudin, kemarin. Dia menjelaskan, memang banyak desa dan kelurahan yang menghiasi lapangan dengan berbagai lampu hias dan tuntul, tapi pada penilaian tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sangat rendah.

”Ada beberapa desa dan kelurahan jika dilihat di satu titik pusat kegiatan Monuntul sangat cantik, indah, serta tingkat kreasi yang tinggi. Tapi, saat tim juri menilai di lorong-lorong atau jalan lain di desa/kelurahan itu, tingkat partisipasi masyarakat sangat rendah,” terangnya.

Menurutnya, masih ada juga beberapa desa/kelurahan yang tidak mengikuti lomba Pesona Monuntul ini. Misalnya Desa Sia, Upai, Biga, Moyag Induk, Moyag Tampoan, Moyag Todulan, dan Motoboi Besar.

”Itu artinya tujuh desa/ kelurahan ini tidak mendukung program lomba Pesona Monuntul yang dilaksanakan pemkot,” tuturnya. Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Adin Mantali mengatakan akan melaporkan hal tersebut ke Wali Kota Kotamobagu.

”Berdasarkan rekomendasi dari tim juri, tujuh desa/ kelurahan itu akan saya laporkan ke Ibu Wali Kota untuk ditindaklanjuti. Penyerahan hadiah untuk juara-juara Pesona Monuntul akan diserahkan saat acara Halalbihalal Pemkot yang akan dilaksanakan di Kelurahan Motoboi Kecil pada Rabu (12/6),” ujar Adin.

cahya sumirat