Edisi 12-06-2019
Johanna Konta Yakin Bisa Raih Gelar Grand Slam


EASTBOURNE – Johanna Konta yakin tinggal menunggu waktu untuk mendapatkan grand slam dalam kariernya.

Petenis terbaik Inggris itu mengaku berada dalam pun - cak performa terbaik untuk bisa mewujudkan impiannya tersebut. Pada musim ini, Konta sebenarnya menjalani mu - sim tidak terlalu buruk, khu - susnya di lapangan tanah liat.

Dia menjadi runner-upsaat bermain di Maroko Terbuka dan Italia Terbuka, Mei lalu. Bahkan, petenis berusia 28 tahun itu berhasil mencapai semifinal di Prancis Terbuka, beberapa waktu lalu.

Ketika itu, dia di luar dugaan kandas dari petenis muda asal Republik Ceko Marketa Vondousova 5-7, 6-7. Kekalahan itu merupakan yang ketiga baginya pada semifinal ajang grand slam. Sebelumnya, dia juga gagal melangkah ke final saat bermain di Australia Terbuka 2016 dan Wimbledon 2017.

Namun, Konta yakin bahwa pengalamannya itu akan membuatnya semakin kuat dan sangat percaya suatu saat bisa menjadi juara di ajang grand slam. “Tidak ada alasan mengapa saya tidak bisa (memenangkan gelar grand slam),” kata Konta, dilansir tennisworld.

“Saya menempatkan diri saya pada posisi untuk mencoba membuat langkah ekstra dan menjadikannya final. Ini pasti akan terjadi atau tidak. Saya masih harus bangga. Bahkan, jika saya berhenti bermain, saya telah melajutkan banyak hal besar dalam karier saya sejauh ini,” ujarnya.

Konta memang harus bersabar. Dia harus bisa meningkatkan permainannya jika ingin menjadi petenis Inggris pertama yang meraih gelar grand slam sejak Viginia Wade di Wimbledon 1972.

Namun, petenis kelahiran Sydney, Australia, 17 Mei 1991, ini sangat optimistis bisa memenangkan gelar grand slam di masa depan. “Saya sama sekali tidak kecewa dengan permainan saya dan hal-hal yang telah saya raih.

Tapi, saya sama lapar dan termotivasi untuk terus maju dan suatu hari berada dalam posisi untuk memenangkan gelar mayor. Saya sangat percaya pada kemampuan saya untuk melakukan itu dan kami akan melihat apakah itu terjadi atau tidak,” ungkap Konta.

Saat ini, Konta sudah kembali menembus ke posisi 20 besar dunia, tepatnya di peringkat 18. Pencapaian itu setelah berhasil menembus semifinal di Prancis Terbuka.

Pencapaian terbaiknya adalah menempati peringkat 4 dunia yang terjadi pada Juli 2017. Bahkan, dia berkesempatan meningkatkan posisinya itu jika kembali bermain baik di Wimbledon 2019 yang berlangsung pada 1–14 Juli mendatang.

raikhul amar

Berita Lainnya...