Edisi 12-06-2019
Tuntut Adaptasi Cepat


JAKARTA– Tim nasional futsal U-20 optimistis melaju ke babak knock-outAFC U-20 Futsal Championship 2019.

Untuk memuluskan misi tersebut, Pelatih Kensuke Takahashi menuntut adaptasi cepat Muhammad Sanjaya dkk. Timnas futsal U-20 tidak memiliki banyak waktu untuk beradaptasi dengan venuedi Shahid Poursharifi Arena maupun cuaca Kota Tabriz, Iran.

Skuad Garuda Mudaakan melakoni laga perdana Grup D kontra Taiwan pada Sabtu (15/6) disusul melawan Irak keesokan harinya. Menilik performa Irak dan Taiwan pada babak kualifikasi, kedua calon lawan tim Merah Putihtersebut bukan lawan yang mudah.

Irak misalnya merupakan juara Grup B Zona Asia Barat setelah mengungguli dua tim asal Timur Tengah lainnya, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA). Irak lolos ke putaran final di Iran dengan nilai sempurna setelah mengemas dua kemenangan.

Bahrain takluk 1- 5 dan UAE dibenamkan dengan skor telak 7-0. Sementara Taiwan juga unjuk diri sebagai pesaing dalam memperebutkan tiket ke babak 8 besar. Pada babak kualifikasi Grup B Zona Timur, Taiwan melaju ke putaran final sebagai juara grup setelah mengemas dua kemenangan atas Mongolia dan China.

Chen Ching-hang dkk mengalahkan Mongolia dengan skor 3-1 dan menghentikan China 7-3. Sementara Indonesia melaju ke putaran final setelah mengakhiri kualifikasi Zona ASEAN di urutan ketiga di bawah Thailand dan Vietnam.

Dalam empat pertandingan, anak asuh Takahashi mengemas dua kemenangan masing-masing atas Malaysia dan Myanmar, sekali imbang melawan Vietnam dan dikalahkan Thailand. Meski demikian, Takahashi optimistis anak asuhnya mampu mengatasi kedua lawannya di fase grup.

Hal ini tidak lepas dari hasil yang diraih Futsal Mini Tournament di Taiwan, April lalu. Pada ajang tersebut, Indonesia sudah bertemu dengan dua calon lawannya. Hasilnya, Muhammad Sanjaya dkk menang 6-1 atas Taiwan dan menaklukkan Iran dengan skor 3-1.

Namun, Takahashi enggan terlena dengan hasil tersebut. Dia tetap mempersiapkan anak asuhnya dan enggan memandang remeh lawanlawannya mengingat timnas ditargetkan meraih gelar juara.

“Tim ini sudah melakukan persiapan maksimal jelang Piala Asia Futsal U-20. Saya yakin pemain bisa memberikan hasil terbaik di ajang ini,” kata Takahashi, dilansir Federasi Futsal Indonesia.

Untuk memuluskan misi tersebut, timnas U-20 yang sudah tiba di Teheran, Iran, sejak dua hari lalu, dan langsung menuju Kota Tabriz langsung menggelar persiapan. Salah satunya dengan menggelar laga uji coba dengan juara Liga Iran Mes Sungun Varsghan.

Rencananya, laga akan digelar hari ini di Milad Tabriz Hall. “Kami telah tiba di Tabriz. Sebisa mungkin pemain harus cepat beradaptasi untuk turnamen ini. Kami harus mewaspadai semua lawan terutama di fase grup,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) menyatakan optimistis timnas mampu memberikan hasil terbaik dari ajang AFC U-20 Futsal Championship.

“Kita bertanding untuk menang. Perlu keyakinan dan mental yang solid. Kalau kalian berangkat dengan modal itu, saya yakin kita tidak kalah dengan mereka secara kemampuan maupun secara kualitas,” tuturnya.

Saat melepas tim, Chairman MNC Group itu memberikan pesan kepada seluruh pemain dan ofisial. HT meminta agar seluruh pemain menjaga kualitas permainan secara maksimal. Dia meyakini secara teknis timnas memiliki kemampuan yang mumpuni.

HT juga mewanti-wanti agar seluruh pemain mengutamakan kerja sama tim. Dia menekankan pentingnya kerja sama mengingat para pemain berasal dari klub yang berbedabeda dengan masa latihan yang berlangsung singkat, yakni hanya tujuh bulan.

“Jangan ada ego, kemenangan itu kemenangan bersama, bukan kemenangan satu atau dua orang. Namun, kemenangan kita satu tim,” ujarnya. HT pun meminta agar pemain mengusung mental bertanding untuk menang.

Bertanding, lanjutnya, bukan untuk meramaikan pertandingan, tapi untuk menang. Karena itu, dia berharap agar seluruh tim berangkat dengan percaya diri dan satu tekad, yaitu mengharumkan nama Indonesia.

abriandi