Edisi 12-06-2019
Warriors Hidup Kembali


TORONTO – Golden State Warriors berhasil menghidupkan kembali asa mempertahankan gelar juara setelah pada gamekelima final NBA musim ini menang tipis 106-105 atas tuan rumah Toronto Raptors di Scotiabank Arena, Toronto, kemarin.

Skor 3-2 untuk keunggulan sementara Raptors. Warriors harus memenangkan gamekeenam pada Kamis (13/6) atau Jumat (14/6) WIB agar asa mempertahankan gelar semakin dekat. Namun, kemenangan Warriors terasa mahal.

Pasalnya, mereka harus kehilangan pemain andalannya, Kevin Durant, karena cedera tendon achilles.Durant diprediksi absen hingga musim depan. Padahal, Durant baru sembuh dari cedera.

Penampilannya pada game kelima menjadi yang pertama sejak mengalami cedera saat semifinal Wilayah Barat kontra Houston Rockets. Durant hanya bertahan 12 menit dalam comeback-nya di lapang - an sebelum cedera achillesmenerpa.

Absennya Durant membuat President of Basketball Operations Golden State Warriors Bob Myers sedih. Dia tidak bisa menahan tangis ketika tahu cedera yang dialami Du - rant. “Saya tidak percaya ada orang yang bisa disalahkan.

Tapi, saya mengerti di dunia ini dan jika ada yang harus disalahkan, Anda bisa menyalahkan saya,” kata Myers, dilansir The New York Times. Kesedihan atas absennya Durant dirasakan pula Pelatih Warriors Steve Kerr.

Dia mengaku sempat terdiam seusai pertandingan. “Kepada para pemain saya katakan, saya tidak bisa berkata apa-apa. Di satu sisi, saya sangat bahagia dan bangga karena mereka membuka peluang kami. Di sisi lain, hati saya sedih.

Saya sangat terpukul dengan musibah yang menimpa Durant. Kemenangan luar biasa dan kerugian yang mengerikan pada saat yang sama,” ujar Kerr. Warriors membangun keunggulan 13 poin setelah Durant ditarik keluar karena cedera.

Tapi, Raptors memperkecil selisih poin menjadi enam poin pada paruh waktu dan akhirnya memimpin pada kuartal keempat. Raptors telah unggul dalam mengatasi kekalahan dari semua postseasonsejak lama.

Tapi, Warriors merespons dengan heroik. GuardWarriors Klay Thompson memukul tiga pointer, Stephen Curry menambah perolehan poin.

Thompson kembali melepaskan tembakan ketiga untuk mengejutkan tuan rumah dan memberi keunggulan semen tara sang juara bertahan 106-103 dengan kurang dari satu menit tersisa.

Meski begitu, Raptors tidak mau menyerah begitu saja. GuardKyle Lowry melakukan lay-up dan pelanggaran Warriors over-and-back memberi Raptors kesempatan untuk menang di bel. Sayang, Raptors hanya bi - sa mengumpulkan tiga pointermela - lui Lowry dari sudut yang gagal.

Curry, bintang Warriors, menutup pertandingan dengan 31 poin. Tembakan terakhirnya membuat Warriors unggul setengah bola (106-105). Curry berlari keluar lapangan dengan tidak rasa percaya atas kemenangan timnya.

Sementara itu, Pelatih Raptors Nick Nurse mengatakan sisa waktu kuarter keempat sangat mengerikan. Nurse menuturkan batas waktu yang tidak digunakan adalah batas waktu yang terbuang. Timeout secara bersamaan akan memungkinkan Warriors untuk beristirahat juga.

“Kami punya dua waktu yang hilang di bawah tiga menit. Kami baru saja bertemu dan hanya memutuskan untuk memberi istirahat kepada mereka. Kami akan kehilangan di bawah tanda tiga menit dan hanya berpikir kami bisa menggunakan dorongan energi ekstra,” tandas Nurse.

sazili mustofa