Edisi 12-06-2019
Menciptakan Nuansa Home Office


TERKADANG pekerjaan kantor yang menumpuk menuntut Anda terpaksa mengerjakan pekerjaan kantor ke rumah, atau mungkin ada sebagian dari Anda yang mengendalikan pekerjaan dari rumah.

Pastinya Anda membutuhkan ruangan yang ideal dan nyaman, bukan? Bila rumah Anda memiliki space yang luas, tentunya Anda bisa dengan leluasa untuk menyisakan sebagian ruangan yang bisa digunakan sebagai home office .

Namun, berbeda halnya bila lahan yang tersisa tidaklah cukup untuk membangun ruang kerja. Keterbatasan lahan bukan menjadi masalah, Anda bisa menghadirkan table corner atau sudut meja kerja sebagai penggantinya.

“Sesuai dengan namanya, table desk corner hanya membutuhkan salah satu sudut ruangan untuk meletakkan meja, kursi, dan arsip. Biasanya sudut ruangan yang digunakan untuk ruang kerja ini adalah ruang privat, seperti di kamar tidur,” kata desainer interior Ari Lasmana.

Namun, bila kamar tidur memadai, Anda dapat memanfaatkan ruangan yang sifatnya semiprivat seperti di ruang keluarga atau bahkan memanfaatkan space yang jarang digunakan, seperti di bawah tangga.

“Meja kerja adalah cerminan dari kepribadian seseorang. Dengan melihat susunan dan penataannya, akan terlihat selera seni sang pemilik rumah,” ujar Ari.

Secara tidak sadar, pemilihan furnitur dan aksesori serta bagaimana Anda menatanya akan menunjukkan kepribadian dan karakter diri Anda sebagai sang pemilik rumah. Misalkan meja kerja seorang seniman pasti akan berbeda jauh dengan meja kerja seorang engineer .

“Ada baiknya pilih furnitur dan aksesori sesuai dengan tema ruangan serta image yang ingin ditampilkan. Misalnya gaya neo classic untuk menegaskan kesan elegan dan senang akan detail,” papar Ade.

Penataan yang apik di meja kerja bisa menjadi sangat dibutuhkan untuk bisa menghadirkan suatu pencitraan yang pas dan sempurna. Sumber cahaya juga tidak kalah pentingnya. Pastinya kegiatan kerja sangat membutuhkan pencahayaan yang maksimal.

“Ada baiknya letakkan meja kerja di dekat jendela agar dapat memaksimalkan masuknya cahaya matahari. Untuk sumber cahaya listrik, gunakan table lamp agar lebih fokus dan tidak menyilaukan ruangan,” saran Ade.

Untuk peralatan kerja yang membutuhkan arus listrik dan line cable seperti sprinter dan telepon, sebaiknya diletakkan di sisi yang paling dekat dengan sumber arus agar tetap terjaga dan rapi.

Untuk mempertegas sudut meja kerja, Anda bisa mempertegas salah satu bidang dinding sudut ruangan dengan warna yang lebih tua atau bisa juga dengan memajang lukisan dan fram e foto sebagai latar meja kerja.

“Selain mengekspos bagian dinding, bisa juga membuat batasan teritory di lantai dengan memasang karpet atau membedakan material lantai sehingga sudut meja kerja Anda terasa meruang,” kata Ade. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan meja corner sebagai penghias di ruang kerja?

aprilia s andyna