Edisi 17-06-2019
Xi Ultah, Putin Beri Kado Es Krim


DUSHANBE - Presiden Rusia Vladimir Putin memberi kejutan manis kepada Presiden China Xi Jinping. Ulang tahun ke-66 sang sahabat jatuh saat mengunjungi Dushanbe, Tajikistan, pun memberi sejumlah hadiah favorit pemimpin China itu, yang salah satunya sekotak es krim.

“Semoga beruntung,” ucap Putin sembari menjabat ta - ngan Xi Jinping. “Saya senang memiliki teman seperti Anda,” lanjut orang nomor satu Kre - mlin tersebut. “(Ini) sesuatu yang bisa Anda gunakan saat merayakan ulang tahun Anda bersama orang yang Anda cin - tai,” lanjut Putin. Selain sekotak es krim, hadiah lain yang diberikan kepada pemimpin China itu adalah sepotong kue dan vas mewah karya perajin Rusia. Xi memperlihatkan tulisan Chi - na pada kue tersebut yang ber - bunyi; “Great wellbeing , 66 (adalah) angka keberuntungan,” kata Xi. Hadiah sekotak es krim diserahkan yang paling akhir sebagai kejutan dari Putin. “Ini yang paling enak,” jawab pe mim pin China itu, sambil te rsenyum.

Xi yang pernah mengaku bahwa dia suka sundae Rusia, mengatakan kepada war ta wan bahwa dia selalu meminta es krim setiap kali dia mengunjungi Rusia. “Anda (Rusia) mempunyai es krim terbaik, dan sangat enak. Saya sangat menyukainya,” katanya pada 2016 lalu. Xi kemudian melakukan yang sebaliknya, dengan menun jukkan pada Putin ketel teh biru yang mengingatkan pada samovar Rusia dan teh pilihan China. “Saya akan mencobanya juga,” kata Putin, sebelum menawarkan segelas anggur, seperti dikutip Russia Today , kemarin.

Sindonews