Edisi 17-06-2019
RI-Austria Kembangkan Tiga BLK Maritim


JAKARTA –Indonesia menjalin kerja sama dengan Austria un tuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang industri kemaritiman. Kerja sama ini diharapkan akan mem perkuat potensi SDM Indonesia untuk mengelola bidang ke ma ritiman.

Direktur Jenderal Pem bi na - an Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ke te - nagakerjaan (Kemenaker) Bam - bang Satrio Lelono menga ta - kan, kerja sama ini sangat men - dukung langkah Indonesia yang tengah memperkuat dan me - ngem bangkan potensi sebagai negara maritim. “Dua pertiga wilayah Indonesia adalah laut sehingga potensi hasil laut kita ini harus dioptimalkan dengan memperkuat pelatihan kerja SDM di bidang maritim,” kata - nya seusai menyaksikan pe nan - datanganan kontrak antara BBPLK Medan dan Bit Media ESolutions GmbH di Jakarta ak - hir pekan lalu. Kontrak kerja sama di tan da - tangani perwakilan BBPLK Me - dan, Heri Adha, dan pihak Bit Media E-Solutions GmbH, Ste fan Duss. Penandatanganan kon trak turut disaksikan oleh Bam bang Satrio Lelono dan Duta Besar Austria Helene Steinhausl.

Komit men ini men cakup kerja sa - ma pengem bang an BLK Ma ri - tim di Balai Besar Pengem bang - an Latihan Kerja (BBPLK) Me - dan, Balai Latihan Kerja (BLK) Ma kassar, dan BLK Se rang me la - lui pembiayaan PHLN (soft loan). Bambang mengatakan, se - be narnya kerja sama ini me ru - pakan lanjutan kerja sama In - donesia-Austria dalam me - ngem bangkan vocational trai - ning center (VTC). Pada 1996 Ke dutaan Besar Austria telah bekerja sama mengembangkan BLK Serang. Sekarang ada tiga BLK yang mendapat bantuan dari Austria dalam pengem ba - ngan BLK Maritim. Duta Besar Helene Stein hausl mengatakan, kerja sama ni di ha - rapkan dapat mem pe rerat hu bu - ngan baik Indonesia dan Austria.

“Ini bentuk kese riusan kami men dukung dan saling berbagi ilmu maupun pe ng alaman untuk memper siap kan SDM yang an - dal melalui ker ja sama pelatihan kerja de ngan berbagai negara sahabat, ter masuk Indonesia,” katanya. Austria juga berencana mem bantu beberapa BLK lain - nya di Indonesia. Salah satunya adalah BLK Banyuwangi yang memiliki potensi kemaritiman pariwi sa ta dan yang dapat terus dikem bang kan.

Neneng zubaidah