Edisi 17-06-2019
Tol Cijago Seksi II Urai Kemacetan di Depok


DEPOK – Pengoperasian fungsional tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II diperpanjang hing ga hari ini. Semula pengope rasian tol Cijago hanya sampai Senin (10/6), namun PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) menambah waktu. Pengoperasi an sementara ini tidak memungut tarif dari pengendara.

Direktur Operasi PT TLKJ Teddy Rosadi mengatakan se - ngaja memperpanjang waktu pengoperasian tol Cijago Seksi II untuk mengetahui gambaran sesungguhnya traffic kenda raan pada hari kerja sehingga bisa diketahui secara nyata traffic ken daraan di Depok yang me - lin tas di ruas tol tersebut. “Operasi fungsional untuk mem ban - tu mengurai kemacetan saat Lebaran. Saat ini kami per pan - jang guna mengetahui gam bar - an kondisi lalu lintas saat hari kerja,” ujarnya, kemarin. Berdasarkan hasil evaluasi, dibukanya tol Cijago Seksi II mam pu mengatasi kemacetan di ruas Jalan Margonda, Jalan Ra ya Bogor, dan Jalan Juanda. Se mu la dari arah Jagorawi menuju Margonda hanya bisa keluar di pintu Cisalak 2.

Saat ini pengendara memiliki alternatif keluar di pintu Margonda dan Kukusan. Traffic kendaraan yang me lewati tol Cijago Seksi I men capai 39.000 per hari. Dari jum lah tersebut, sekitar 70% ken daraan keluar di pintu Cisalak 2, sisanya sekitar 30% keluar di pintu Margonda dan Kukusan. De ng - an kata lain, 27.300 ken da ra an melintas di tol Cijago Seksi II. Setelah penutupan hari ini, tol Cijago Seksi II akan dikaji tim layak operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Per u - mah an Rakyat (PUPR). Setelah mendapatkan persetujuan, barulah Seksi II dapat diope ra sikan secara komersial. “Kami sudah melakukan finishing minor sesuai rekomendasi tim layak, misalnya penambahan pene ra - ng an jalan umum (PJU). Ha rapan kami akhir Juni ini ber operasi,” kata Teddy. Pembangunan tol Cijago se - panjang 14,64 km terbagi menjadi tiga seksi.

Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Ja go rawi hingga Jalan Raya Bo - gor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, serta Seksi III Kukusan-Cinere. Bila Seksi I dan II sudah ter sam - bung maka dapat mempersingkat jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju Jakarta maupun Depok. Tikka, warga Tugu, Tanah Baru, Depok, mengaku bisa mem persingkat waktu tempuh ketika melintasi tol Cijago Seksi II. Dari kawasan TMII menuju Tanah Baru, dia hanya meng ha - bis kan waktu 15 menit. “Sangat membantu,” ucapnya. Hari ini dia akan kembali me lewati jalan tol tersebut untuk menuju tempat kerjanya di Ja kar ta Timur. Sebelumnya dia me merlukan satu jam lebih, kini dia sangat terbantu dengan ke beradaan tol Cijago.

“Walaupun cuma sementara tapi lu mayan besok (hari ini) masih bisa nik ma tin. Rencananya ditutup lagi pu kul 14.00 WIB, tapi kan pagi nya masih bisa melintas,” katanya.

R ratna purnama