Edisi 17-06-2019
Rachik-Fisikovici Juara Olomouc Half Marathon


OLOMOUC– Pelari maraton Italia berdarah Maroko Yassine Rachik sukses menjuarai Olomouc Half Marathin di Olomouc, Republik Ceko, kemarin.

Dalam kondisi panas dengan suhu sekitar 30°C pada awal lomba pukul 19.00 waktu setempat, Rachik mencatat 64:26. Dengan kemenangan ini, Rachik meriah tiga kemenang an dari tiga balapan dalam seri EuroHeroes, menyusul kesuksesan di Karlovy Vary pada Mei, dan Ceske Budejo - vice pada awal bulan ini. Sementara Roman Romanenko dari Ukraina mengamankan tempat kedua dengan catatan waktu di 66:01 dan Paul Pollock dari Irlandia di posisi ketiga dengan 66:12. Pelari andalan Ceko, Vit Pavlista, di posisi kelima dengan 68:09 detik dan Marcela Joglova di posisi kesembilan dengan 77:55. “Sulit lari sendirian,” kata Rachik dilansir AthleticsWeekly. “Dan tidak mudah bertarung melawan panas,” katanya.

Di kategori wanita, pelari maraton asal Moldova Lilia Fisikovici memenangkan Olomouc Half Marathon. Fisikovici menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 73:32. Sedangkan kandidat terkuat peraih gelar juara Steph Twell dari Inggris hanya mampu di urutan kelima. Twell yang menggunakan perlombaan sebagai kesempatan untuk menguji dirinya dan mendapatkan beberapa poin dalam peringkat dunia IAAF mencatatkan waktu terbaiknya 75:57. Dia mengatakan, balapan tidak berjalan sesuai rencana karena beberapa faktor. Twell telah memimpin sejauh 10 km di 34:07, sementara Fisikovici 11 detik di belakang. Tetapi, Fisikovici mulai menutup jarak sekitar 12 km sebelum pindah untuk meraih kemenangan.

Olha Kotovska dari Ukraina berada di posisi kedua dengan 74:35 dan rekan senegaranya Darya Mykhailova di tempat ketiga dengan 74:57. Matea Parlov finis keempat dengan 75:18. “Saya mencoba berpegangan pada Stephanie, tetapi saya merasa tidak enak pada kilometer kedelapan, jadi saya tertinggal,” kata Fisikovici. “Dari kilometer kedua belas, saya mulai mendekatinya lagi dan pada akhirnya berhasil mempercepat dan menang. Saya sangat senang dengan kemenangan saya,” kata Fisikovici.

Sazili mustofa