Edisi 20-06-2019
Rp8 Triliun dalam 19 Hari


BARCELONA– Pergerakan Primera Liga di bursa transfer musim panas ini begitu gencar dilakukan. Tim-tim kompetisi elite Negeri Matador tersebut paling agresif dalam memburu pemain.

Dalam 19 hari jendela transfer musim panas, Primera Liga telah mendatangkan 41 pemain dengan total senilai 520 juta euro atau sekitar Rp8 triliun. Mereka kini mengungguli kompetisi utama Eropa lainnya seperti Bundesliga (384 juta euro), Seri A (292 juta euro), Liga Primir (196 juta euro), dan Ligue 1 (32 juta euro). Angka terbesar, 303 juta euro di antaranya diinvestasikan Real Madrid untuk mendaratkan Rodrygo Goes, Eder Militao, Luka Jovic, Eden Hazard, hingga Ferland Mendy. Uniknya, penandatanganan Mendy senilai 48 juta euro dari Olympiue Lyon lebih mahal daripada transfer tertinggi sementara Liga Primer: Raul Jimenez oleh Wolverhampton (38 juta euro). Di posisi kedua tim Primera Liga berpengeluaran besar ditempati Barca (87 juta euro) dan Sevilla (40 juta euro).

Khusus Barca, ini terbilang sebuah penurunan mengingat pada musim panas 2017, Barcelona menggelontorkan 192 juta euro, meski saat itu Primera Liga adalah kompetisi yang menghabiskan paling sedikit menghabiskan dana di bursa transfer dengan total 557 juta euro. Memang, perhitungan bisa terus berubah mengingat bursa transfer musim panas masih berlangsung sehingga setiap klub diprediksi, termasuk Barca, terus berupaya mendatangkan pemain. Sayang, keinginan mereka mendapatkan tanda tangan bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt bakal sulit terwujud.

Berdasarkan laporan El Larguero, De Ligt dikabarkan sudah menolak pinangan Barca. Agen De Ligt, Mino Raiola, diyakini memainkan peran penting dalam penolakan pinangan dari Blaugrana. Imbasnya, peluang klub lain justru terbuka lebar. Seperti diketahui, Juventus, Manchester United (MU), Liverpool, Manchester City (Man City) hingga Paris Saint-Germain (PSG) sangat tertarik kepada pemain berusia 19 tahun tersebut. Sementara dari kubu Madrid, keinginan mereka melepas Gareth Bale masih menemui jalan terjal. Bintang asal Wales tersebut telah berkomunikasi langsung dengan petinggi klub dan menyatakan ingin tinggal di Santiago Bernabeu.

Kabar ini menepis keterkaitannya dengan beberapa klub meski Pelatih Zinedine Zidane tidak memasukkan Bale dalam rencananya musim depan. Sikap Bale diamini agennya, Jonathan Barnett, yang menganggap opsi peminjaman kliennya ke Bayern Muenchen adalah berita sampah. Dia menegaskan Bale bahagia dengan kehidupannya di Madrid. Besarnya gaji senilai 15 juta euro per tahun yang diterima di Los Blancosmembuat klub peminat berpikir dua kali mendatangkan Bale secara permanen. “Zidane telah memutuskan bahwa dia dapat membentuk tim tanpa Bale. Situasi di Madrid memang belum membaik. Tapi, Bale tidak ingin pergi dengan status pinjaman. Dia memiliki kehidupan yang indah dan rumah di Spanyol,” ungkap Barnett, dilansir as.com.

Berbeda dengan Madrid, rival sekota Atletico Madrid dikabarkan tinggal selangkah lagi mendapatkan wonderkid berusia 19 tahun Joao Felix dari SL Benfica. Kedua belah pihak hanya perlu menyelesaikan beberapa detail sebelum mengumumkan secara resmi Felix sebagai pemain anyar Atletico.

Alimasyah