Edisi 20-06-2019
Duel Dua Benua


LE HAVRE – Sama-sama sudah mengan tongi tiket babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019 tidak membuat Amerika Serikat (AS) maupun Swedia bersantai. Demi memperebutkan takhta puncak klasemen Grup F, duel kedua tim di Stade Oceane, dini hari nanti, diyakini tetap sengit.

Apalagi, ini pertemuan dua benua berbeda: Amerika dan Eropa. Sinyalemen itu ditunjukkan Pelatih AS Jill Ellis. Dia menegaskan tujuan utama tim berjuluk USWNT ini adalah meraih kemenangan di setiap laga. Seusai membantai Thailand 13-0, Rabu (12/6), dan menang 3-0 atas Cile, Minggu (16/6), Ellis mengatakan komitmen AS tidak berubah saat menghadapi Swedia. “Kami ingin memenangkan setiap laga dan itulah yang ingin kami lakukan. Saya pikir jika Anda terlalu banyak memani - pu lasi atau merencanakan atau terlalu memikirkan sesuatu, saya hanya tidak berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang bagus,” sebut Ellis, dilansir newsday.com.

Ellis seolah mengesampingkan berbagai skenario yang mungkin terjadi. Seperti diketahui, saat ini AS memimpin klasemen sementara Grup F dengan enam poin. Mereka unggul selisih gol dari Swedia yang berada di urutan kedua. Menang atau imbang akan memastikan AS lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F. Jika demikian, Alex Morgan dkk bakal bersua Spanyol selaku runner-upGrup B. Namun, jika kalah dari Swedia dan menempati urutan kedua Grup F, AS akan berhadapan dengan runner-upGrup E, antara Belanda atau Kanada yang juga bertarung memperebutkan juara grup, beberapa jam sebelumnya. Untuk memastikan kemena - ngan, Ellis diyakini akan menurunkan komposisi tim terbaik.

Para punggawa utama seperti Alex Morgan, Rose Lavelle, Sam Mewis, hingga Megan Rapinoe yang diistira - hat kan melawan Cile kemung - kin an kembali menjadi starter. Kebijakan rotasi yang diterapkan Ellis mendapat dukungan penuh dari bek Abby Dahlkemper. Dia optimistis dengan bugarnya skuad, AS siap menghadapi siapa pun guna mewujudkan ambisi besarnya mempertahankan gelar Piala Dunia Wanita. “Selalu haus dengan kemenangan adalah bagian dari DNA kami. Kami selalu ingin menang dan melakukan segala sesuatunya dengan baik,” ungkapnya. Keseriusan AS mempersiapkan kekuatan terbaik bukan sekadar mengejar juara Grup F.

Mereka diliputi rasa penasaran lantaran tidak mampu meraih kemenangan dalam empat pertemuan terakhir di ajang resmi kontra Swedia, termasuk saat tersingkir lewat drama adu penalti 3-4 di babak perempat final Olimpiade 2016. Kiprah tim berjuluk Blagult tersebut sepanjang Piala Dunia Wanita 2019 terbilang bagus. Swedia menorehkan dua kemenangan masingmasing 2-0 melawan Cile, Selasa (11/6), dan 5-1 atas Thailand, Minggu (16/6). Meski demikian, Pelatih Peter Gerhardsson enggan besar kepala. Dia menilai status AS sebagai juara bertahan membuat Swedia menaruh rasa hormat yang besar dan lebih tangguh ketimbang dua lawan mereka sebelumnya di Grup F. Namun, Gerhardsson mengungkapkan timnya tetap menargetkan kemenangan dan akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

“Ini akan menjadi laga yang sama sekali berbeda dan itu akan sangat penting bagi kami, tentu saja. Ketika Anda masuk ke babak 16 besar, kami akan memiliki lebih banyak laga melawan tim-tim kuat seperti AS. Ini semua tentang bagaimana permainan berkembang dan bagaimana kinerja pemain. Kami akan menghadapi AS dengan taktik yang berbeda,” tandasnya Sementara itu, jika sebagian besar tim masih memperebut - kan takhta puncak klasemen, ada tim yang telah memastikan bertemu di babak 16 besar. Runner-upGrup C Australia berhadapan dengan runner-up Grup B Norwegia.

Alimasyah