Edisi 20-06-2019
Waspada Motivasi Bangkit Persela


JAKARTA– Persija Jakarta pantang memandang remeh Persela Lamongan yang akan menjadi lawan pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Surajaya Lamongan.

Bermain di kandang dan motivasi meraih kemenangan perdana harus diwaspadai Ismed Sofyan dkk yang juga memburu tiga angka. Persija masih terseok-seok di papan bawah Liga 1. Hingga pekan ketiga, Macan Kemayo - ranyang notabene juara ber - tahan bahkan belum mencicipi kemenangan sehingga tercecer di urutan ke-16 klasemen se - mentara. Bermain imbang 1-1 kontra Barito Putera pada laga perda - na, kemudian menelan dua ke - kalahan beruntun masingmasing dari PSIS Semarang (1- 2) dan Bali United (0-1). Hanya mengantongi satu poin mem - buat tim Ibu Kota menghuni zona degradasi.

Buruknya performa tim da - lam mengawali kompetisi 2019 bahkan sudah memakan kor - ban. Ivan Kolev memutuskan mundur dari kursi pelatih dan kemudian digantikan juru taktik asal Spanyol Junio Banuelos yang notabene mantan Asisten Pelatih Luis Milla Aspas di tim - nas Indonesia. Kehadiran pria yang sempat menjadi asisten pelatih klub Ing gris Leeds United itu diha - rap kan meningkatkan perfor - ma Persija sekaligus memu lus - kan misi kembali ke papan atas. Untuk saat ini misi utamanya ada lah meraih kemenangan perdana. Namun, bukan pekerjaan mudah untuk meraih angka penuh lantaran Persija harus sowan ke Stadion Surajaya, markas Persela.

Laskar Joko Tingkiryang saat ini terpuruk di dasar klasemen dipastikan ba kal memberikan perlawanan sengit. Apalagi, mereka juga tengah memburu kemenangan perdana menyusul tren negatif pada tiga pekan pertama. Tidak hanya itu, dalam dua musim ter akhir, Persija selalu kalah di Surajaya. Potensi Persela meng gagal - kan misi bangkit Persija ini pa - tut diwaspadai. Bek senior Ma - can KemayoranIsmed mewan tiwanti rekannya agar tidak bo leh memandang remeh skuad be - sutan Aji Santoso ter sebut. Apa - lagi, mereka ber tin dak se ba gai tim tamu pada Sabtu (22/6). Jika mengacu pada posisi di klasemen, Persela tetap tidak bisa dianggap tim kacangan. Alasannya, Laskar Joko Ting - kirdiperkuat pemain berkua - litas, terutama di sektor penye - rangan.

Indikasinya adalah pro - duktivitas Persela yang se jauh ini sudah mencetak lima gol. “Faktor tuan rumah dan te - kanan penonton dipastikan membuat Persela termotivasi untuk meraih kemenangan di depan publiknya. Biasanya se - mangat tim seperti Persela saat melawan Persija akan berlipat dan itu yang perlu dianti si pasi,” ujar Isme, dilansir laman klub. Namun demikian, pemain berusia 39 tahun itu menilai ada celah yang bisa dieksploi - tasi Persija untuk memuluskan misi mengamankan tiga angka. Menurut dia, sektor perta han - an Persela cukup lemah dan ini terlihat dari catatan kebo bol an, yakni 10 gol. Tidak hanya itu, Persija juga mendapatkan amunisi tam - bahan menyusul berga bung nya sejumlah pemain yang sebelumnya memperkuat tim nasional Indonesia pada FIFA matchdaymelawan Yordania dan Vanuatu.

Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Novri Setiawan dipastikan siap memperkuat Persija saat menghadapi Persela. Sementara Ramdani Les ta - luhu harus menepi menyusul cedera yang dialaminya ketika membela timnas. “Saya pikir mereka profesional. Mereka sudah diberikan libur tiga hari dan dimanfaatkan betul. Memang ada pemain seperti Riko yang mengalami cedera ringan, tapi tidak masalah,” tandas Asisten Pelatih Persija Mus ta qim.

Abriandi