Edisi 20-06-2019
Mercedes-Benz Jantung Mekanis Baru buat E-Class


PT Mercedes-Benz Distri bution Indonesia memperke nalkan dua varian mesin baru untuk model tersukses E-Class: the new E 200 Avantgarde dan new E 300 SportStyle Avant garde.

Dengan dua model kendaraan ini, E-Class tetap bertahan di puncak segmen dengan menawarkan beragam varian mesin. Keluarga Mercedes-Benz EClass semakin lengkap. Mer - cedes-Benz Dstribution Indo - nesia memang sangat menyu - kai model Mercedes-Benz ini. Pasalnya, setelah Mercedes- Benz C-Class, model E-Class adalah volume maker yang pa - ling rajin menopang pen jualan Mercedes-Benz di Indonesia. Tidak heran jika saat ini keluarga E-Class adalah keluarga yang paling lengkap. Total hingga kini Mercedes- Benz Distribution Indonesia memiliki 10 varian Mercedes- Benz E-Class dengan anggota baru Mercedes-Benz E 350 EQ Boost yang diperkenalkan awal tahun ini dan dua anggota baru Mercedes-Benz E200 Avant - garde dan Mercedes-Benz E 300 Sportstyle Avantgarde.

Kedua varian ini sebenarnya merupakan pengem - bangan dari varian yang sudah ada sebelumnya, Mercedes- Benz E 200 Avantgarde dan Mercedes-Benz E 300 Avant - garde. Bedanya kali ini kedua varian itu hadir dengan trim yang lebih segar dan jantung mekanis yang lebih anyar. “Menyusul peluncuran E 350 EQ Boost pada awal tahun, hari ini kami dengan bangga meng - ha dirkan dua varian E-Class dengan mesin baru; E 200 Avant – garde dan E300Sport StyleAvant - garde,” ujar Roelof Lam berts, Pre sident Director PT Mer ce - des-Benz Distri bution Indonesia. Semakin lengkapnya ke lu - arga E-Class membuat Mer ce - des-Benz percaya diri me mangsa segmen pasar mobil sedan midsize premium.

Apa lagi dari sejarahnya, E-Class memang punya catatan histori yang manis buat Mercedes-Benz. “Kami sangat gembira me - lihat Mercedes-Benz E-Class menjadi pemimpin bisnis di segmennya,”imbuhnya. Roelof Lamberts menambahkan, “Sejak diluncurkan pada tahun 2016, generasi E-Class saat ini telah menjadi pilihan utama para pelanggan yang mencari sedan bisnis yang nyaman dan cerdas. Pada kuartal pertama tahun ini E-Class berkontribusi 24% dari seluruh penjualan Mercedes-Benz di Indonesia.” The new E 200 Avantgarde diketahui mengusung mesin 2.0 liter generasi terbaru de ngan em pat silinder sejajar yang mampu menghasilkan 197 hp (145 kW) dan 320 Nm torsi. Perpaduan mesin dengan transmisi otomatis sembilan kecepatan 9G-TRONIC me mas tikan pengalaman berken dara yang mulus dan efisien.

New Avant- garde E 200 kini meng hadirkan desain baru velg alloy 18-inci 5- jari, serta sus pensi Dynamic Select dan Agi lity Control dengan sistem pe redam selektif. Pada fitur kecerdasan, driving assistance dan safety systems seperti active brake assist, active parking assist dengan Parktronic , blind spot assist dan sistem presafe menjadi standar setiap varian. E 200 Avantgarde dilengkapi dengan ambient lighting 64 warna, charging nirkabel, Apple CarPlay & Android Auto connectivity dan widescreen cockpit dengan dua layar nextgeneration 12,3 inci (31,2 cm) beresolusi tinggi—sebuah pilihan unik di segmen ini. Mesin E 300 Avantgarde kini mampu menghasilkan 258 hp (190 kW) dan 370 Nm torsi yang terhubung dengan transmisi otomatis 9G-Tronic.

Dengan tampilan SportStyle Avantgarde, E 300 Avantgarde mudah dikenali dari grille dengan 2 louvres hitam meng - kilap, elemen trim chrome di bumper depan, badge Sport- Style di kedua sayap depan, bumper belakang dengan elemen trim hitam mengkilap serta velg light-alloy 18-inci 5- jari hitam mengkilap. Interior sporty pada E 300 SportStyle Avantgarde hadir dengan lapisan jok kulit pada tempat duduk, trim aluminium serat karbon ringan, konsol tengah berupa ash wood hitam dengan open-pore finishing, roof liner berbahan kain hitam, door pin chrome dan pedal stainless steel sporty dengan rubber studs. Selain itu, E 300 SportStyle Avantgarde juga dilengkapi dengan kontrol suhu otomatis Thermotronic 3-zone dan sistem tata suara surround yang mengesankan dari Burmester dengan total power 590 watt, 13 speaker dan amplifier DSP 9 channel .

Pada sisi driving assistance and safety systems , E 300 Avantgarde hadir dengan active lane keeping assist , termasuk blind spot assist dan lampu depan multibeam led dengan adaptive highbeam assist plus . Pada tahun 2016 Mercedes- Benz meraih tiga “Automotive Interiors Expo Awards”: Hartmut Sinkwitz, Kepala Desain Interior Mobil Mercedes-Benz, terpilih sebagai Interior Designer of the Year dari 17 anggota panel jurnalis auto motif dan desainer terkemuka dunia. Mercedes-Benz E-Class memenangi penghargaan best interior of a standard-production. Semen tara tombol kontrol sentuh pada setir di seri model yang sama berhasil memenangi Interior Innovation of the Year .

Lampu depan multibeam led pada new E-Class juga meraih peng hargaan dari para juri pada kompetisi desain tingkat global “Red Dot Award” 2016. Lampu depan multibeam led adalah se - buah tonggak baru dalam tek no - logi pencahayaan. Dengan 84 unit lampu LED berkinerja tinggi di setiap sisi, lampu de pan secara otomatis mampu me nerangi permukaan jalan dengan distribusi kemilau pen cahayaan yang tak tertan dingi dan secara presisi dapat diken dalikan— tanpa menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Pada saat yang sama dengan keang gunan masa kini dan radiasi sensual yang dinamis, sistem pencahayaan ini mencerminkan kecerdasan dan ka rakter teknologi tinggi dari seri E-Class. Karakteristik unik, seperti alis kembar pada desain baru lampu siang hari dengan detail desain bermutu tinggi, menambah kesan anggun pada sedan ini.

Wahyu sibarani