Edisi 25-06-2019
BRI-BPKH Perluas Kerja Sama


JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Paket Pekerjaan Penyediaan Bank Notes Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk Living Cost Jamaah Haji Reguler Tahun 1440 H/2019 M.

BRI menjadi satu-satunya bank yang memfasilitasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam penyediaan uang kertas asing (bank notes) untuk biaya hidup atau living cost jamaah haji 2019. Direktur Utama BRI Supra - jar to mengatakan, pada dasar - nya dana penyelenggaraan iba - dah haji (PIH) tersedia dalam bentuk rupiah sehingga agar bisa digunakan pada saat pe lak - sanaan ibadah haji harus di kon - versi ke mata uang asing, yak ni Saudi Arabian Riyal (SAR). Pe ne - rima bank notes ta hun ini se ba - nyak 214.000 ja ma ah haji yang terbagi dalam ber ba gai kloter dan akan berangkat pada peri o - de Juli-Agustus 2019. BPKH memberikan living cost sebesar SAR 1.500 untuk se tiap jamaah melalui 19 embar kasi yang terdapat di seluruh Indonesia.

Ke-19 embarkasi itu adalah embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Beng kulu, Lampung, Jakarta, Be kasi, Solo, Surabaya, Ban jar - masin, Palangkaraya, Balik pa - pan, Lombok, Makasar, Goron - ta lo, Jambi, dan Riau. “Total fa si litas bank notes yang akan ka mi sediakan untuk didis tri bu si kan kepada para ja - maah haji se banyak SAR 321 juta atau se be sar USD85,6 juta yang senilai de ngan Rp1,21 tri - liun,” kata Su prajarto saat pe - nan datanganan kerja sama an - tara BRI dengan BPKH di Ja - karta, kemarin. Dengan dukungan outlet BRI yang ada di setiap embar kasi dan keberadaan outlet-out let BRI yang tersebar luas diha rap kan bisa mempermudah ak ses para jamaah.

Selain itu, me lalui gerai Money Changer BRI yang ada di seluruh embarkasi, jamaah haji yang memerlukan SAR pecahan kecil bisa menukar banknote SAR pecahan 1, 5, dan 10. Dia memaparkan, BRI juga melayani penukaran uang de - ngan sistem bundling dengan no minal Rp500.000, Rp1 juta, Rp5 juta, dan Rp10 juta, dengan kurs sesuai yang berlaku. Nanti setiap jamaah haji yang akan di - be rangkatkan tahun ini men da - pat kan bank notes dengan rin - ci an 2 lembar pecahan SAR 500 dan 5 lembar pecahan SAR 100. Jangka waktu pekerjaan pe - nyediaan bank notes Saudi Arabi an Riyal (SAR) terhitung sejak 10 (sepuluh) hari kalender sebelum pemberangkatan kloter pertama dan berakhir 1 (satu) hari setelah pembe rang kat - an kloter terakhir pada fase pem berangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

“Kami ber komitmen mendukung dan ber sinergi dengan BPKH guna me nyukseskan penyelenggaraan kegiatan haji tahun 1440 Hijriah (2019),” ungkapnya. Terlebih lagi, kata dia, ini sudah yang keenam kali berturutturut BRI menyediakan bank notes untuk jamaah haji.

Kunthi fahmar sandy