Edisi 26-06-2019
Bisnis Fashion Si Model Seksi


MISS Universe 2012 yang satu ini andal di berbagai bidang. Selain modeling, Olivia Culpo juga pebisnis restoran yang kini juga menekuni profesi desainer.

Olivia Culpo telah mengukir banyak prestasi sepanjang kariernya. Berawal dari kemenangannya di Miss Rhode Island , menyusul Miss USA dan akhirnya Miss Universe 2012 . Semua pencapaiannya tersebut terjadi pada tahun yang sama.

Hal inilah yang membuat sosok Olivia Culpo menjadi amat menarik. Karier modeling Olivia bermula dari langkahnya menandatangani kontrak dengan agensi modeling Boston Maggie Inc pada tahun 2010 silam.

Merasa memiliki kelebihan di bidang ini, Olivia lantas percaya diri untuk mendaftar dalam kontes kecantikan Miss Rhode Island 2012 bersama segenap wanita cantik lainnya. Dengan tinggi badan 170 sentimeter, tidak bisa dibilang pendek untuk ukuran seorang wanita.

Namun, sebagai model tentu banyak wanita lain yang jauh lebih semampai. Namun begitu, Olivia tetap percaya diri untuk terus mengikuti kontes kecantikan mewakili kotanya, kemudian negaranya, Amerika Serikat.

Dalam suatu wawancara, Olivia mengaku keluarganya kurang mendukung keputusannya mengikuti ajang kecantikan itu karena berpikir bukan ide yang bagus. Olivia tidak bergeming. Dia yakin memiliki kelebihan yang perlu dunia tahu.

Masalah tinggi badan juga tidak dipedulikannya. Daripada minder melihat peserta lain yang lebih proporsional, dia meyakini dirinya bahwa ini adalah kompetisi antara ia dengan dirinya sendiri.

Sejauh mana ia dapat menampilkan sisi terbaik dirinya kepada dewan juri, itulah yang lebih krusial. Selebihnya biar Tuhan yang menentukan. Dan betul saja, semesta mendukung afirmasi positif pemilik berat badan 52 kilogram itu.

Dia keluar sebagai pemenang Miss Universe 2012 . Bertempat di Planet Hollywood Resort & Casino di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Olivia Culpo memenangi kontes Miss Universe ke-61 itu. Leila Lopes dari Angola memahkotai penerusnya tersebut.

Olivia berhasil menyisihkan para wanita dari 89 negara dan teritorial yang turut berpartisipasi dalam kontes tahunan itu. Anak ketiga dari lima bersaudara ini terbilang cukup dekat dengan keluarganya.

Bersama saudara dan orang tuanya, ia membuka sebuah restoran di kampung halamannya, Rhode Island, yang diberi nama Back 40, sambil tetap menekuni karier modelingnya. Wanita yang terpilih sebagai Wanita Terseksi versi majalah Maxim itu, belakangan melakukan debut perdananya sebagai desainer.

Berkolaborasi dengan brand Express, koleksi The Express x Olivia Culpo hadir di 300 toko di AS, termasuk toko online di express.com/oliviaculpo . Koleksi 2019 itu terdiri dari 32 busana dengan harga bervariasi mulai Rp500.000 hingga Rp2 jutaan.

Koleksi busana yang ditawarkan seperti blazers, biker shorts, jumpsuits, sweater, sequin dresses , dan kaus untuk wanita dengan tulisan berwarna-warni. Dikatakan Olivia bahwa dirinya terlibat penuh dalam proses mendesain.

Kolaborasi itu hanya untuk kerja sama satu musim. Berbicara soal merancang busana, sebetulnya Olivia bukanlah orang baru. Sebelumnya ia sudah mengeluarkan koleksi dengan Le Tote, dan kolaborasi lainnya bersama brand Marled untuk koleksi Revolve, loomingdaleís, dan Neiman Marcus, dengan namanya dalam setiap koleksi yang dirilis.

“Aku sangat menikmati proses kolaborasi ini. Sebab itu membuatku memiliki kesempatan untuk berlatih dan mengetahui apa yang sebetulnya wanita inginkan dan itulah prioritasku,” kata Olivia.

Ia melanjutkan bahwa dirinya seakan sedang merancang busana untuk dirinya sendiri. “Aku tumbuh dengan kecintaan pada fashion, tapi aku termasuk orang yang pemilih dan tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk pakaian saja.

Maka itu, aku harus bijak memilih pakaian dan mencari barang dengan harga yang terjangkau,” tuturnya. Olivia merancang busana ter inspirasi dari pengalamannya sendiri. Sebagai wanita, ia tahu betul rasanya menunggu barang mendapatkan potongan harga 10% saja karena ada noda atau lubang pada pakaiannya.

Itulah yang mendasari keputusannya membuat pakaian dengan harga lebih terjangkau. “Kamu tidak harus bayar mahal untuk mendapatkan pakaian bagus,” imbuhnya. Di samping offline , tentunya ia amat mengandalkan fasilitas media sosial untuk mempro mosikan koleksinya.

Ia memiliki 3,6 juta follower di Instagram dan 234.000 follower di Twitter . Sembari menekuni dunia fashion , Olivia tetap fokus membangun kariernya di ranah hiburan. Baru-baru ini ia menyelesaikan acara televisi berjudul Paradise City , yang berdasarkan film yang dibintanginya, American Satan .

sri noviarni