Edisi 11-07-2019
Kategori Aplikasi Paling Banyak Diunduh


Banyak pilihan aplikasi yang membantu memudahkan berbagai keperluan manusia. Mulai dari keperluan kerja, hiburan, berbelanja hingga rencana liburan.

Berikut kategori aplikasi yang sering diunduh dalam smartphone atau perangkat lain versi survei Litbang KORAN SINDO.

SOSIAL MEDIA

Aplikasi sosial media menjadi aplikasi favorit paling sering diunduh. WhatsApp, Instagram, Line, dan aplikasi lainnya seolah wajib harus ada dalam sebuah smartphone. Tak dipungkiri, aplikasi sosial media ini mendukung berbagai aktivitas komunikasi dan membantu melancarkan bisnis.

BELANJA

Memasuki era digital 4.0, cara masyarakat berbelanja kini berubah. Cukup dengan modal smartphone, masyarakat dapat mendapatkan barang yang diinginkannya secara online. Melihat antusias tersebut, kini banyak bermunculan aplikasi berbelanja online. Para perusahaan e-commerce berlomba-lomba menghadirkan diskon guna menarik minat masyarakat.

GAMES

Games dirasa ampuh untuk mengusir rasa bosan. Maka dari itulah banyak aplikasi permainan yang kerap diunduh dalam smartphone. Permainan yang ringan seperti teka-teki silang, tebak gambar, tebak logo dan lainnya bisa menjadi pilihan. Kepopuleran sebuah permainan kini semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi.

TRANSPORTASI

Moda transportasi juga tak ketinggalan memanfaatkan kecanggihan di era digital ini. tentunya hal ini guna mempermudah akses untuk pelanggan. Semua lini transportasi kini sudah memiliki website sendiri. Selain itu ada pula aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan tiket kereta, pesawat, hingga hotel atau tempat penginapan lainnya.

IBADAH

Bukan saja kebutuhan duniawi, kebutuhan spiritual juga kini bisa didapatkan melalui aplikasi. Munculnya aplikasi keagamaan yang bisa dengan mudah diunduh, kini memudahkan setiap umat beragama untuk beribadah. Misalnya saja aplikasi mengenai jadwal salat, arah kiblat, kalender Islami hingga Alqur’an online. Aplikasi keagamaan ini menjadi salah satu aplikasi yang perlu untuk diunduh pada smartphone.

EDIT FOTO

Bosan dengan hasil foto yang biasa saja? Kini banyak pilihan aplikasi edit foto yang bisa dipilih. Untuk memasukkan bingkai pada foto ataupun teks dalam foto misalnya bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Beberapa editan foto yang seringkali dilakukan adalah menggabungkan dua, tiga atau beberapa foto dalam satu tampilan.MUSIK Mendengarkan musik merupakan hal yang kerap kali dilakukan baik saat sedang menunggu atau dalam perjalanan. Kini sudah ada aplikasi musik lebih update soal lagu yang sedang naik daun, baru rilis atau paling sering didengarkan.

HOTEL

Mau booking hotel mendadak? Kini tidak perlu pusing, karena sudah ada aplikasi yang menyediakan booking hotel cepat. Aplikasi untuk memesan hotel juga menyediakan informasi lengkap terkait hotel yang hendak dipesan. Untuk para traveler yang belum tahu akan menginap dimana saat sedang bepergian, aplikasi ini juga menyediakan berbagai referensi hotel.

TIKET

Aplikasi penyedia layanan jasa pemesanan tiket ini dimanfaatkan oleh bioskop dan beberapa moda transportasi seperti kereta api dan pesawat. Aplikasi ini sangat membantu sehingga tidak perlu mengantre lama. Semisal membeli tiket bioskop, penonton hanya perlu scan tiket yang sudah dibeli dan membayarnya secara online.

VIDEO AMATIR

Aplikasi ini membuat siapa saja bisa menjadi seorang jurnalis. Selain bukti foto, bukti video juga bisa diunduh untuk memperkuat berita. Video editor ini juga bisa digunakan merangkum perjalanan saat sedang liburan atau acara penting. Dalam video ini bisa ditambahkan tulisan atau lagu sehingga video tidak membosankan.

Sejumlah Aplikasi Android Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Alarm Clock

Anda sering terlambat bangun tidur? Gunakan saja aplikasi ini. Dengan fitur yang lengkap pada aplikasi Alarm Clock, sekarang Anda tidak perlu takut bangun terlambat lagi.

StarPrint

Aplikasi StarPrint berguna untuk mencetak berbagain dokumen maupun foto dari Android. Anda tidak perlu repot lagi membuka laptop untuk mencetak.

Adobe Reader

Bagi Anda para pelajar ataupun pekerja kantoran, aplikasi Adobe Reader sangat membantu untuk membuka aplikasi dengan format PDF. Anda dapat membaca buku, majalah, ataupun novel yang tentunya memiliki format PDF.

Compass

Bagi Anda pecinta traveling, aplikasi Compass akan memudahkan untuk mengetahui arah mana yang dituju. Anda akan langsung mengetahui arah yang diambil benar atau salah jika dibandingkan dengan peta.

Microsoft office mobile

Bagi Anda para pelajar maupun pekerja kantoran, akan lebih terbantu jika memiliki aplikasi Microsoft office mobile karena tidak perlu repot-repot membuka laptop/notebook. Anda dapat melihat dokumen Word, Excel, dan Power Point dengan aplikasi ini serta dapat mengubah dokumen dokumen dan menyimpannya kembali.

Aplikasi Lokal Paling Banyak Dipakai Orang Indonesia (2017)

Go-Jek

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Dikembangkan oleh developer PT Go-jek Indonesia, aplikasi ini merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan online.

Tokopedia

Satu lagi toko online yang populer di Indonesia. Tokopedia. Aplikasi ini mempertemukan penjual dengan pembeli di seluruh Indonesia. Pembeli dapat mencari barang dengan mudah pada berbagai kategori yang disediakan seperti pakaian, buku, hingga peralatan elektronik.

Bukalapak

Bukalapak merupakan aplikasi bisnis online lainnya yang tengah berkembang di Indonesia. Sama seperti aplikasi jual beli online lainnya, aplikasi ini juga menghubungkan penjual barang dari berbagai wilayah di Indonesia dengan pembeli.

Traveloka

Traveloka merupakan aplikasi buatan Indonesia untuk memesan tiket pesawat dan hotel. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan harga penerbangan dan hotel dengan harga termurah, tanpa adanya biaya pemesanan maupun biaya tersembunyi.

INFOGRAFIS: KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH