Edisi 11-07-2019
ACT Berikan Bantuan Air Bersih di Karangasem


KARANGASEM – Kekeringan sudah mulai terjadi di beberapa titik di Pulau Bali dan beberapa desa di Karangasem, kabupaten tempat Gunung Agung kokoh berdiri.

Meres pons kondisi yang ada, Aksi Ce pat Tanggap Bali mulai mendistribusikan air bersih ke Kecamatan Ren dang, tepatnya di Desa Menanga dan Banjar Belatung. Sebanyak 5.000 liter air telah diberikan untuk mencukupi kebutuhan air ratusan kepala keluarga.

Hal ini disampaikan oleh Arif Marsudi selaku kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali. “Kecamatan Rendang mencakup Gunung Agung hingga lerengnya di bagian barat. Saat ini di Kecamatan Rendang banyak desa yang mengalami kekeringan.

Kondisi ini membuat war ga nya harus turun gunung untuk mencari sumber air. Jalan naik-turun dan berkelok, ser ta beban membawa air men jadi tantangan warga untuk membawa air ke rumah,” ungkap Arif Marsudi di Bali kemarin.

Hari tanpa hujan yang telah berlangsung cukup lama di Karangasem yang membuat persediaan air dalam tandon yang biasa masyarakat tampung mulai menipis persediaannya. “Air kami ambil dari sum ber air di kaki Gunung Agung.

Kondisi medan yang menantang membuat tim agak sulit mencapai desa,” tam bah Arif. Dibantu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Karangasem, pendistribusian berjalan lancar. Simpan, salah satu warga Menanga, mengatakan sangat terbantu dengan ada bantuan air ini.

Setidaknya warga tidak perlu bolak-balik ke sumber air yang jauh dari permukiman untuk beberapa waktu ke depan. Dalam sepekan ini ACT Bali akan mendistribusikan air di wilayah Karangasem lainnya.

Rahman selaku ketua MRI Karangasem mengatakan, air akan dikirimkan pula kewilayah yang terdampak kekeringan seperti di Banjar Batu sesah.

nugroho