Edisi 11-07-2019
Mitsubishi Outlander PHEV Mampu Aliri Listrik ke Rumah


ASSISTANT Division General Manager Electric Vehicle Product Strategy Division Mitsubishi Motors Takashi Hiromatsu saat hadir di Jakarta pada Selasa (9/7) lalu sangat yakin jika Mitsubishi Outlander PHEV sangat cocok untuk Indonesia.

Menurutnya, mobil itu mampu mengatasi keterbatasan infrastruktur pendukung mobil listrik seperti yang ada di Indonesia. “Plug-in hybrid EV adalah jawaban untuk pasar yang sangat luas, di mana infrastruktur pendukungnya masih dikembangkan,” ujarnya.

Hal ini terjadi karena mobil itu memiliki tiga mode berkendara. Ketiga mode itu adalah EV Mode, Series Hybrid Mode, dan Parallel Hybrid Mode. EV Mode adalah mode berkendara di mana baterai listrik mengaliri tenaga ke motor listrik dan menggerakkan mobil.

Dalam mode ini, Mitsubishi Outlander PHEV bisa menempuh jarak 55 km. Mode kedua, Series Hybrid Mode, adalah keadaan di mana motor listrik akan menggerakkan kendaraan dengan listrik yang dihasilkan generator atau mesin.

Dalam keadaan ini, jarak tempuh bisa mencapai 600 km. Terakhir adalah Parallel Hybrid Mode, di mana mesin dibantu motor listrik menggerakkan mobil saat berada dalam kecepatan tinggi.

“Jadi, tidak akan ada rasa khawatir kehabisan tenaga di baterai mobil,” ucapnya. Nah , yang menarik justru kemampuan mobil ini sebagai sumber tenaga listrik. Takashi mengatakan, mobil ini memiliki dua mode, yakni Charging dan Discharging.

Charging adalah keadaan di mana mobil ini menerima pengisian energi listrik seperti halnya mobil listrik lainnya. Sementara Discharging adalah keadaan di mana mobil ini bisa menjadi sumber energi listrik.

Jadi, seluruh tenaga listrik yang tersimpan di mobil ini bisa dialirkan ke tempat lain, mulai perlengkapan rumah tangga hingga isi rumah secara keseluruhan. Takashi bahkan mengatakan, hal itu sudah mereka praktikkan dengan menghadirkan Dendo Drive House di ajang Geneva Motor Show 2019 pada Maret lalu.

Dendo Drive House adalah sebuah rumah di mana aliran listriknya justru disuplai oleh Mitsubishi Outlander PHEV. “Saya percaya suatu saat Dendo Drive House bisa diaplikasikan di Indonesia,” ujarnya.

wahyu sibarani


Berita Lainnya...