Edisi 12-07-2019
Rute Batam dan Yogyakarta Cepat Ludes


JAKARTA - Diskon tarif pes awat yang mulai diberlakukan kemarin di sam but antusias oleh masyarakat. Buktinya, dua jam setelah res mi diberlakukan pada pukul 00.00 WIB, tiket pesawat un tuk rute favorit seperti Batam dan Yogyakarta habis terjual.

Dalam program tiket murah tersebut dua maskapai, Lion Air dan Citilink, menu - run kan tarif pesawat dengan diskon hingga 50%. Tiket promo ditawarkan terbatas pada Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 dan 14.00 WIB. Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink In do - nesia, Resty Kusandarina, mengatakan, setelah diumumkan me lalui rilis dari Kemenko, da - lam dua jam harga tiket yang sedianya mendapat diskon tarif hingga 50% langsung habis. “Misalnya untuk jam 10.000 tadi pagi kemarin, itu sudah ha - bis sejak jam dua dini hari sehingga ke tika masyarakat menge cek di pukul tiga dini hari itu harga sudah kembali naik,” ujarnya kepada KORAN SINDO di Jakarta kemarin.

Sebagai informasi, untuk pe netapan diskon tarif pe sa - wat 50% pada maskapai Citi - link maupun Lion Air, dibatasi hanya 30% dari total kapasitas tempat duduk. “Kami sam pai - kan bahwa animo masyarakat begitu cepat untuk memesan tiket ketika kebijakan ini mulai dirilis,” ujar Resty. Dia mengakui minat mas - ya rakat mendapatkan tiket promo juga tinggi untuk pe ner - bangan beberapa hari ke de - pan. Ini diketahui dari peme - sanan secara online. “Jangan - kan untuk 20 Juli, di tanggal 30 Juli juga sudah ada beberapa yang terpesan habis,” ungkap - nya. Dia menambahkan, peng - atur an soal waktu pemberian tarif diskon telah diatur ber - dasarkan sistem yang ada di maskapai Citilink.

“Jadi me - mang ini tidak kami umumkan ke publik karena kese pa katan - nya begitu. Jadi, semua diatur via sistem soal waktu-waktu pemberian tarif diskon ini,” pung kasnya. Hal yang sama diung kap kan maskapai Lion Air yang telah menerapkan imple men tasi penurunan tarif hingga 50%. Corporate Communication Lion Air Danang Mandala Pri - hantoro mengatakan, sejauh ini pihaknya telah meng im - plementasi kebijakan pe me - rintah dengan memberikan dis kon hingga 50% dari biaya tarif dasar. “Kami juga sedang melakukan penyesuaian, se - suai dengan arahan dari pemerintah,” singkatnya.

Sebelumnya, Menteri Koor dinator Bidang Per eko no mi - an Darmin Nasution menga - takan, kementeriannya akan membuat kerangka pelak sa - naan diskon tarif pesawat LCC Domestik. Bentuknya bisa dari lampiran peraturan menteri agar bisa berjalan sesuai lan - dasan hukum. “Akan ada mo nitoring dari regulator. Kalau mau dimonitor tentu kerang - ka nya harus jelas,” kata Menko Darmin belum lama ini.

Butuh Sosialisasi

Pengamat penerbangan Gatot Rahardjo menilai, lang - kah pemerintah menge luark - an kebijakan tarif diskon pesawat untuk maskapai LCC hingga 50% patut diapresiasi. Menurutnya, secara bertahap kebijakan ini diharapkan bisa dipahami masyarakat. “Saya kira ini akan butuh waktu, setidaknya kebijakan ini sudah merupakan upaya pemerintah menurunkan tarif tiket pe sawat. Dalam perkiraan saya, ka - lau mau serius ini tidak ber - henti di sini, akan tetapi banyak hal yang perlu diper tim bangkan,” ungkapnya.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, upaya pe merintah menurunkan tarif tiket pesawat LCC pada jam-jam tertentu dan hari tertentu bisa di pahami. “Tapi, ada beberapa catatan, turunnya tarif tiket tersebut hanyalah gimmic pemasaran,” ucapnya.

Ichsan amin