Edisi 12-07-2019
Akademisi Paling Banyak Daftar Capim KPK


JAKARTA–Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberan tasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah menyelesaikan tahapan seleksi administrasi.

Dari 376 pendaftar capim KPK, ternyata hanya separuhnya yang dinyatakan lolos. Atau hanya 192 pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Ketua Pansel Capim KPK Yen ti Garnasih mengatakan, Pan sel KPK membuka pendaftar an dari 17 Juni 2019 sampai 4 Juli 2019. “Jumlah pendaftar 376 dan yang lolos 192 orang. Pada waktu itu kami sempat menyebut 384, ternyata sete lah dirapatkan ada pendaftar yang do bel. Ada yang men daf tar seca ra fisik maupun email, atau secara email dengan bebe rapa alamat,” ungkap Yenti di Lobi Kantor Kementerian Se kre ta riat Negara (Kemen ses neg), Jakarta, kemarin. Yenti menyebut jumlah pendaftar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 349 orang dan yang lolos seleksi admi nis trasi 180 orang.

Pendaftar pe rempuan berjumlah 27 orang dan yang lolos seleksi admi nis trasi 12 orang. Jika diklasi fi ka sikan berda sarkan jenis pro fesi, pen daf tar paling banyak adalah akademisi/dosen seba nyak 76 orang dan yang lolos 40 orang. Posisi kedua pendaftar terbanyak adalah advo kat/kon sultan hukum yakni 63 orang dan yang lolos tahap beri kut nya 39 orang. “Dari latar be la kang korporasi jumlah pen daf tar 40 orang dan yang lolos 17 orang. Ke mudian dari profesi jak sa/ ha kim ada 20 pendaftar dan yang lolos 18 orang. Ada juga satu orang pendaftar ber profesi anggota TNI, yang lolos tidak ada,” ungkap Yenti.

Dia mengatakan, untuk anggota Polri terdapat 13 orang pendaftar dan semuanya lolos ta - hap an berikutnya. Ada juga 11 auditor yang mendaftar dan 9 di antaranya lolos seleksi ad mi nistrasi. “Dari komisio ner/ pe gawai KPK yang men daf tar ada 18 orang dan yang lolos se banyak 13 orang. Dari profesi lain seperti PNS/pen siun an/wi raswasta/NGO/pe ja bat ne gara terda - pat 134 pen daftar dan yang lolos 43 orang,” ung kap nya. Lebih lanjut Yenti menye but pelamar capim KPK berasal dari 29 provinsi. Di mana jum lah pelamar paling banyak ber asal dari DKI Jakarta, Jawa Ba rat, dan Banten. Rinciannya, jum lah pela mar dari DKI Ja karta sebanyak 105 orang dan yang lolos 64 orang. Jumlah pe lamar asal Provinsi Jawa Barat sebanyak 98 orang dan yang lolos 50 orang.

Untuk Banten jumlah pelamar sebanyak 39 orang dan yang lolos 23 orang. Anggota Pansel Capim KPK Harkristuti Harkrisnowo menga takan, setelah lolos seleksi administrasi, maka akan ada tahapan selanjutnya yang ha rus di lalui para pendaftar. Satu di an taranya uji kompetensi. Di tahap itu nanti akan ada be be rapa hal yang digali dari para pen daftar capim KPK.

Dita angga