Edisi 12-07-2019
Destry Akan Bawa BI Lebih Adaptif dan Inovatif


JAKARTA –Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) terpilih Destry Damayanti diharapkan bisa berperan dalam membantu mendorong per ekonomian dan investasi serta memperdalam produk keuangan.

Ekonom yang sebelumnya men jabat sebagai dewan komisi oner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) itu diminta agar tidak menjaga jarak dengan pasar. Selain itu Destry di harapkan bisa melakukan komuni asi dan mampu menyerap aspirasi dari perbankan. “Kita inginkan in ves ta si luar ngeri dan BI memiliki pe ran yang besar dengan mem per da - lam pro duk keuangan,” ujar Ke - tua Komisi XI DPR Melchias Mar kus Mekeng di Jakarta ke - ma rin. Mekeng menambahkan, DPR ingin agar BI ke depan le - bih cepat mengantisipasi ge jo - lak ekonomi global. Salah sa tu - nya melalui respons kebijakan su ku bunga acuan agar dise su - ai k an dengan kondisi per eko - no mi an Indonesia.

Kemarin, Komisi XI DPR res - mi menyetujui Destry Dama - yan ti menjadi DGS BI meng ga n - ti kan Mirza Aditya swa ra yang akan habis masa ja batannya pa - da 24 Juli 2019. Per setujuan pen calonan Destry di peroleh se cara aklamasi. Selu ruh fraksi di DPR menyetujui pencalonan tersebut. Menurut Mekeng, Komisi XI ti dak perlu melakukan pe - mu ngutan suara (voting ) ka re - na se telah tiap fraksi partai po - litik me lakukan lobi internal di - da pat kan persetujuan dari sem bi lan fraksi partai politik yang ha dir. Rangkaian uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test ) terhadap Destry dimulai sejak 1 Juli 2019. Saat uji kelayakan, Destry memaparkan rencana kebijakan bertema “Menjadi Bank Sentral yang Adaptif dan Inovatif”.

Dalam paparannya, Destry mengatakan bahwa saat ini Bank Sentral perlu bersikap ino - vatif dan adaptif dalam meng - ha dapi kondisi global yang pe - nuh dengan ketidakpastian dan volatilitas yang tinggi. Destry Damayanti diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal untuk menem - pati posisi DGS BI periode 2019- 2024. Sebelum menjadi DGS, Destry adalah anggota Dewan Komisioner LPS. Destry pernah menduduki sejumlah jabatan penting seperti kepala Ekonom PT Bank Mandiri Persero Tbk, direktur Eksekutif Mandiri Institute, dan ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pembe rantas an Korupsi (KPK).

Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto mengungkapkan, sete lah menjadi DGS BI Destry diharapkan bisa membawa BI menjadi lebih baik serta lebih friendly dengan semua pemang - ku kepentingan. Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah berharap DGS yang baru mam pu men jawab tan tangan peranan BI dalam men jaga stabilitas ser ta mo men tum pertumbuhan ekonomi.

Kunthi fahmar sandy