Edisi 12-07-2019
Klien Selebriti dan Putri Kerajaan


KLIEN setia Elie Saab tak hanya datang dari perempuan kelas atas, juga dari para putri kerajaan dan selebriti Hollywood. Karyanya pun sering dipakai dalam momen pernikahan keluarga kerajaan dan karpet merah.

Pada 1998 Saab menggelar fashion show di Monako. Peragaan busana ini dihadiri oleh Putri Stephanie dari Monako. Sejak saat itulah Saab mulai dikenal di kalangan keluarga kerajaan. Karya desainer 55 tahun ini sudah dipakai oleh Putri Stephanie de Lannoy saat dinikahi Pangeran Guillaume dari Luxembourg pada 2012. Putri Victoria dari Swedia juga termasuk perempuan yang pernah memakai rancangannya. “Putri Madeleine dari Swedia, Putri Maria- Olympia dari Yunani dan Stephanie, Grand Duchess of Luxembourg keturunan Herediter juga pernah mengenakan karya saya,” ujar Saab, seperti dilansir dari V ogue.com.

Pada tahun 1999 Ratu Rania dari Yordania mengenakan gaun Saab untuk penobatannya. Putri Claire dari Luksemburg juga mengenakan gaun yang dirancang Saab di pernikahannya. Ibu negara Prancis Brigitte Macron mengenakan pakaian bergaya militer rancangan Saab dan celana panjang selama kunjungan kenegaraan ke China awal 2018 lalu. Tentu tak hanya putri kerajaan yang menjadi langganan Saab. Sederet selebriti dunia pun telah memakai karyanya. Gaun Saab yang dirancang untuk Halle Berry, untuk penampilan Oscar 2002, membuatnya menjadi sorotan mode untuk Hollywood.

Dia adalah desainer Libanon pertama yang menciptakana gaun di penghargaan Oscar. Gaun yang dipakai Halle Berry menjadi gaun legendaris bagi seorang Elie Saab. Momen itu menjadi penentu kiprah Saab di Amerika. Aktris cantik ini tampil mewah dengan gaun rancangan Saab yang berwarna merah dengan aksen bordir bertema floral. Dalam sebuah jajak pendapat oleh Debenhams yang diterbitkan dalam The Daily Telegraph , gaun Halle Berry tersebut terpilih sebagai gaun karpet merah terbesar ke-8 sepanjang masa. Majalah Cosmopolitan menyebut gaun itu sebagai salah satu gaun Oscar terbaik sepanjang masa.

“Halle Berry kemudian mengenakan gaun lain rancangan saya untuk Oscar 2003,” ujar Saab. Sandra Bullock mengenakan gaun rancangan Saab di 85th Academy Awards pada 2013 dan di pemutaran perdana dunia film Ocean’s 8 di New York. Pada tahun 2018 Rose Leslie mengenakan gaun pengantin Elie Saab berbordir bunga ketika dia menikahi rekan mainnya di Game of Thrones , Kit Harington. Klien penting lainnya dari karya Saab, termasuk Nicole Kidman, Eva Green, Yulia Alipova, Nicki Minaj, dan Beyonce.

Kliennya yang lain, yakni Aishwarya Rai, Anna Kendrick, Christina Aguilera, Catherine Zeta-Jones, Angelina Jolie, Celine Dion, Kendall Jenner , dan Taylor Swift.

Dwi nur ratnaningsih