Edisi 12-07-2019
Kompetisi Peracik Kopi Akan Digelar di Jakarta


KOMPETISIASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19 ) siap digelar perdana di Indonesia dan akan diselenggarakan pada 25-27 Juli 2019 di Indonesia-Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019, JI Expo, Kemayoran, Jakarta.

Event yang berhadiah uang tunai de ngan total sebesar USD10.000 ini diprakarsai oleh ASEAN Coffee Federation (ACF) bersama dengan Spe - cialty Coffee Association of Indo nesia (SCAI), dan Java - roma sebagai sponsor utama. ABTC19 akan diikuti oleh lebih dari 15 tim barista terbaik Asia Tenggara dan akan mem perebutkan gelar ASEAN Best Team Barista . Tiga tim teratas akan memenangi hadiah uang tunai sebesar USD10.000. Ke tua Asosiasi Kopi Specialty In do nesia, Joint Organizer ABTC 2019, Syafudin menuturkan bahwa tanggapan yang luar biasa telah berdatangan dari ber - bagai negara ASEAN, di mana sebagian besar negara me ngi - rimkan 2 tim atau lebih un tuk bertanding di kejuaraan ini.

“Diharapkan setidaknya sekitar 7 hingga 9 negara ang - gota ASEAN akan diwakili da - lam kejuaraan perdana ini. Ne - gara tuan rumah, Indo nesia, diperkirakan menurunkan tim terbanyak, antara 4 hingga 5 tim, ” ucap Syafudin dalam konferensi pers ABTC19 di Jakarta, Senin (1/7). Ia menjelaskan nantinya ada pula “Tim Impian” yang dibentuk oleh para barista pemenang kejuaraan barista tingkat nasional. Negara te - tangga, Singapura, juga akan mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kompetisi yang berha - diah tertinggi di ASEAN ini. Malaysia, Thailand, dan Filipina juga diharapkan mengirimkan tim terkuatnya.

Head of Communication dari Javaroma Aria Santoso berharap event ini akan men - jadi kegemaran pencinta kopi di Indonesia, bahkan seluruh dunia. “Kami menyambut para pemilik kedai kopi di Indone - sia untuk berkolaborasi ber - sama menjadi kedai kopi Javaroma yang pernah berpe - ran serta dalam berbagai event kopi nasional dan internasional,” kata Aria.

“Berkat dukungan para sponsor, kami yakin akan mampu mengangkat standar kualitas barista ASEAN sesuai dengan tujuan dan objektif ACF yang berdaya upaya untuk mempromosikan profesi-pro - fesi yang berhubungan dengan dunia perkopian di ASEAN,” kata Presiden ASEAN Coffee Federation Victor Mah.

Iman firmansyah