Edisi 16-07-2019
Isuzu Perkuat Segmen Produk SUV High


JAKARTA –Astra Isuzu memperkuat segmen produk kendaraan utilitas sport kelas ter tinggi (sport utility vehicle/SUV High) di Tanah Air.

Memasuki semester dua tahun ini, Isuzu memperkuat segmen SUV-nya dengan memperkenalkan tiga tipe terbaru MU-X (dibaca: myu-eks), SUV High andalan Isuzu di varian 4x2, yakni i-Series, S-Series dan Z-Series. “Astra Isuzu selaku distri - butor kendaraan LCV (light commercial vehicle ) di Indonesia berupaya terus memberikan yang terbaik bagi konsumen di Tanah Air. Tiga tipe terbaru ini merupakan penyegaran dari tipe sebelumnya,” ujar Mar - keting Division Head PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Andy Dwi Zatmoko dalam kete - rangan tertulisnya, kemarin.

Dia mengungkapkan, Isuzu MU-X tipe i-Series akan ditam - pilkan ke publik Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia Inter - national Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2019. Menurut dia, tipe MU-X S-series nanti akan menggantikan tipe sebe - lumnya, yaitu Isuzu MU-X Pre - miere. Kemudian tipe Z-Series menggantikan Isuzu MU-X Royale. Adapun tipe i-Series adalah tipe baru yang dihadirkan untuk mengisi segmen SUV High 7 penumpang guna memenuhi kebutuhan konsumen ritel yang ingin naik kelas me - miliki kendaraan SUV.

Mengusung konsep Drive With Confi - dence, kata Andy, Isuzu MU-X bisa membuat pengendara lebih percaya diri menghadapi tantangan setiap hari. Isuzu MU-X siap mendampingi ke - giatan konsumennya seharihari dalam mencapai tujuan dan meraih peluang yang ada. “Termasuk menggapai impian serta menjadikan hari-hari Anda menjadi lebih bermakna,” ujarnya. Dia meyakini MU-X terbaru yang didatangkan dari Thailand itu bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Apalagi minat terhadap mobil SUV sedang tinggi. Justru da - lam dua tahun belakangan ini penjualan MU-X terus meningkat. Pada 2017, penjualan Isuzu MU-X mencapai 712 unit. Jumlah itu naik menjadi 737 unit pada 2018.

Berdasarkan data terbaru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepan - jang Januari-Mei 2019, penjualan MU-X di varian 4x2 sudah mencapai 105 unit. Sebelumnya, Ketua I Gai kindo Jongkie D Sugiarto mengatakan saat ini di dunia SUV sedang menjadi tren. Tren itu juga berdampak terhadap pasar Indonesia. Menurut dia, peran Agen Pemegang Merek (APM) dalam mendatangkan tipe-tipe SUV baru sangat penting guna mendorong pertumbuhan ken - daraan sporty tersebut, ter uta ma bagi konsumen yang sudah menggunakan SUV sebelum nya. Menurut dia, masyarakat akan tertarik membeli kendara - an tipe SUV ketika APM mampu mendatangkan model-model terbaru. Tanpa model baru, masyarakat enggan mem beli - nya.

Sementara terkait dengan masyarakat yang beralih meng - gunakan SUV dari model lain - nya, seperti MPV, kemung - kinannya ada. Masyarakat yang beralih dari MPV ke SUV biasa - nya kemampuan secara eko - nomi meningkat. Hal itu karena harga SUV berada di atas MPV. Andy menambahkan, Isuzu MU-X 4x2 i-Series ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1- TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin itu memiliki tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung sistem Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geo - metry System). “Isuzu DNA ini membuat performa yang optimal namun bahan bakar tetap lebih efisien,” kata dia.

Selain itu, mesin Isuzu MUX mampu menyesuaikan de - ngan bahan bakar yang ada di Indonesia. Soalnya, mesin MUX dibalut filter ganda dan dia - mond like-carbon pada sistem bahan bakarnya sehingga menjadikan mesin lebih tahan lama. Selain itu, perawatan mesin juga lebih efisien dengan penggunaan timing-chain, bukan timing-belt yang harus me la kukan pergantian secara berkala. Penampilan Isuzu MU-X 4x2 i-Series kali ini tampak lebih gagah dan elegan dengan adanya penyegaran pada desain front facia and bumper yang lebih tebal serta mengalir di lampu utama.

Hatim varabi