Edisi 21-07-2019
Makassar Tuan Rumah Satu Dekade FAN


JAKARTA –Memasuki satu dekade pertemuan Forum Anak Nasional (FAN), Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan FAN 2019.

Pertemuan tahunan ini menjadi rangkaian perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang setiap tahun diperingati pada 23 Juli. Mengusung tema “Satu Dekade Forum Anak Nasional, Kita Beda Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju”, FAN akan melakukan upaya refleksi capaian yang telah diraih selama sepuluh tahun terakhir. Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Lenny Rosalin mengungkapkan, pemilihan tema itu didasari oleh anakanak Indonesia yang mempunyai latar belakang berbeda, tetapi mereka diikat dalam persaudaraan untuk bersama-sama membangun Indonesia maju demi mewujudkan Indonesia layak anak.

“Forum Anak merupakan bentuk nyata kebijakan Kemen PPPA yang menginisiasi pembentukan wadah partisipasi anak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, maupun tingkat desa/kelurahan,” ungkap Lenny saat pembukaan FAN 2019 di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel kemarin. FAN didirikan sebagai wadah anak untuk dapat bersosialisasi dengan teman sebaya, mengembangkan minat, bakat, mengemukakan pendapat, aspirasi, suara, dan kepentingan secara formal. Alhasil, itu dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan pada setiap tahap proses pembangunan nasional.

Lenny mengatakan, pertemuan FAN 2019 akan diikuti Forum Anak Daerah dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pertemuan ini dianggap strategis karena FAN menjadi ajang anak-anak seluruh Indonesia untuk saling belajar dan berbagi terkait pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Binti mufarida