Edisi 21-07-2019
Fokus Rockets, Harden Tolak Bela AS


HOUSTON– James Harden menolak membela timnas bola basket Amerika Serikat (AS) pada Piala Dunia FIBA 2019 di China, 31 Agustus–15 September mendatang.

Dia beralasan ingin fokus bersama Houston Rockets jelang Kompetisi NBA musim depan. Harden sudah menyampaikan hal itu kepada Pe la - tih Kepala Tim AS Greg Po povich pada libur musim panas ini. Harden mengaku ingin fokus bersama timnya untuk ber - usaha meraih gelar juara NBA pada musim depan. Apalagi, dia akan bekerja sama dengan man tan rekannya di Oklahoma City Thunder Russell West - brook. “Saya senang. Ini akan menjadi lembaran baru dan sa - ya tahu dia (Westbrook) juga sa ngat bersemangat,” kata Har den, dilansir houstonchro- nicle. “Dia sudah berada di Okla homa City selama 11 ta - hun sehingga ini merupakan babak baru baginya. Kami me - nyambutnya dengan tangan terbuka. Jadi, saya ingin fokus dengan pekerjaan ini,” ujarnya.

Keputusan Harden ini membuat kekuatan AS sedikit berkurang di Piala Dunia nanti. Padahal, dia awalnya menjadi salah satu dari 20 pemain yang ditunjuk sebagai anggota tim AS pada Juni lalu. Namun, pebasket berusia 29 tahun itu memutuskan absen bermain bersama timnya tersebut. Dalam kariernya, Harden memang memiliki prestasi yang cukup membanggakan untuk negaranya. Dia anggota tim AS saat meraih medali emas di Olimpiade London 2012 dan menjadi kapten tim Piala Dunia 2014. Pemain NBA All Star tujuh kali itu juga menerima pertimbangan untuk ke dalam skuad AS untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016 sebelum mundur. Harden juga mencatatkan penilaian paling bersejarah dalam sejarah NBA dalam satu musim.

Dia rata-rata menghasilkan 36,1 poin atau tertinggi dalam kariernya dari 44,2% tembakan selama mu - sim 2018–2019. Bahkan, dia juga mencatatkan 30 poin atau lebih dalam 32 pertan ding an secara beruntun. Na mun, dia hanya menjadi pe main terbaik NBA kedua sete lah Giannis Antetokounmpo terpilih sebagai MVP musim ini. Bukan hanya Harden, Antho ny Davis juga mengha - pus namanya dari pertim bang - an untuk tim AS di Piala Dunia 2019. Sebelumnya, AS sudah kehilangan beberapa pemain bintangnya seperti LeBron Ja - mes, Kevin Durant, Stephen Curry, dan pemain terbaik NBA musim lalu Kawhi Leonard.

Sementara Australia dan Ka na - da masing-masing tak diper - kuat pemain NBA Ben Sim - mons dan Tristan Thompson. AS adalah juara dunia bertahan dan sedang mencari gelar keenam secara kese lu ruh - an. Dua negara teratas dari ka - wasan Amerika di Piala Dunia FIBA 2019 akan mendapatkan satu tempat secara otomatis untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Tim AS akan memulai kamp pela tih an pada awal Agustus dan turnamen akan berlangsung dari 31 Agustus hingga 15 September.

Raikhul amar




Berita Lainnya...