Edisi 21-07-2019
Guardiola Fokus Benahi Pertahanan


MANCHESTER–Pertahanan masih menjadi sektor yang ingin dibenahi Pep Guardiola selama dibukanya bursa transfer musim panas. Pelatih asal Spanyol itu membenarkan Manchester City (Man City) sedang mencari bek tengah baru.

Guardiola mendapat beban sangat berat pada musim 2019/2020. Dia diharapkan dapat membawa Man City menjuarai Liga Primer hingga tiga kali secara beruntun serta merebut gelar Liga Champions pertamanya. Musim lalu, Guardiola berhasil membantu pasukannya mematahkan kutukan juara bertahan Liga Primer dengan mengunci urutan pertama pada laga penutup. Itu melengkapi sukses Sergio Aguero dkk yang juga menjuarai Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield. Sayang, kiprah Man City di Liga Champions kurang memuaskan. Mereka terhenti di perempat final setelah disingkirkan Tottenham Hotspur.

Meski demikian, secara keseluruhan prestasi The Citizens cukup membanggakan. Man City menguasai seluruh turnamen di Inggris meski tidak terlalu aktif berbelanja. Saat itu Guardiola hanya merekrut dua pemain untuk tim senior dengan total biaya 62,6 juta poundsterling, yakni Riyad Mahrez dan Philippe Sandler. Sementara delapan amunisi baru lainnya dimasukkan ke akademi. Tapi, untuk musim 2019/2020, Guardiola menilai Man City perlu merekrut lebih banyak pemain jika ingin kembali mendulang gelar, khususnya di Eropa. Sejauh ini, dia baru memboyong tiga amunisi baru dengan total harga 81 juta poundsterling.

Guardiola sudah membeli Rodri dari Atletico Madrid senilai 62 juta poundsterling untuk mengisi lini tengah. Lalu, merekrut kiper Columbus Crew Zack Steffen seharga 7 juta poundsterling serta mantan bek PSV Eindhoven Angelino yang bermahar 5,35 juta poundsterling. Baru mendatangkan satu bek dianggap Guardiola masih belum memadai. Apalagi, dengan kepergian Vincent Kompany. Itu sebabnya, dia mengakui sedang mencari tambahan lagi, kemungkinan salah satu targetnya adalah bintang Leicester City Harry Maguire. “Lihat saja nanti. Kami sedang mencari sejumlah nama. Tapi, pada saat bersamaan, kami juga punya tiga bek tengah yang bisa dimainkan. Ada pula dua pemain muda di tim kedua yang bisa membantu kami,” ucap Guardiola, dilansir Skysport .

Guardiola menyebut mendapat dukungan penuh dari petinggi klub dalam urusan belanja pemain. Maksudnya, dia punya cukup dana untuk membeli semua pemain yang diinginkannya. Meski demikian, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu enggan bertindak boros. “Lihat saja jika perkembangan di bursa transfer memungkinkan. Pihak klub juga percaya kami bisa menghabiskan dana yang dianggarkan. Tapi, bila mereka merestui, kami tentu tidak bisa menggunakan dana itu,” tandas Guardiola.

Guardiola masih belum membeberkan siapa yang bakal diboyongnya ke Etihad Stadium. Tapi, untuk saat ini dia akan fokus dulu memaksimalkan tur pramusim. Soalnya, sesudah melawan Wolverhampton Wanderers semalam, Man City masih akan beruji coba dengan Kitchee dan Yokohama F Marinos. Setelah itu Man City bakal meladeni Liverpool di ajang Community Shield, Minggu (4/8), dan dilan - jut kan melakoni laga pembuka Liga Primer 2019/ 2020 melawan West Ham United, Sabtu (10/8).

M mirza




Berita Lainnya...