Edisi 21-07-2019
Optimistis Raih Gelar


LONDON– Tersendatnya langkah Chelsea selama menjalani tur pramusim tidak menyurutkan ambisi Frank Lampard sebagai pelatih utama. Larangan transfer juga tidak dianggapnya sebagai kendala bagi The Blues untuk meraih supremasi tertinggi.

Sudah 16 hari berlalu sejak Lampard resmi menggantikan Maurizio Sarri. Periode di mana dia terus sibuk menggelar latihan, melakukan pertemuan, meng ikuti laga persahabatan, meng inap di hotel, dan naik pe ner bang an. Sayangnya, awal peme rin tahan Lampard tidak berjalan sesuai harapan. Ambisi memenangi setiap pertandingan, ternyata tidak bisa diwujudkannya. Laga per dana nya ketika melawan Bohe mian, 11 Juli lalu, berakhir imbang 1-1. Setelah itu, Chelsea memang bisa melibas St Patrick’s Athletic empat gol tanpa balas, Sabtu (13/7). Tapi, ketika bertandang ke kandang Kawasaki Frontale di Nissan Stadium, Jumat (19/7), klub London Barat itu dipaksa menyerah 0-1.

Rentetan hasil mengecewakan ini mulai menumbuhkan ke ragu - an di benak pendukung. Mereka khawatir Chelsea akan kembali terpuruk seperti musim lalu yang gagal memenangi seluruh tur na - men. Khusus di Liga Primer, N’Golo Kante dkk berakhir di posisi tiga dengan terpaut 26 poin dari Manchester City. Namun, Lampard menampik anggapan itu. Walau mengakui memenangi semua kompetisi yang diikuti, khususnya Liga Primer merupakan tugas sangat berat, dia tetap mengusung target tinggi pada debut musimnya bersama Chelsea.

“Ketika menjadi pelatih, Anda akan menyadari tidak ada yang mudah. Ini bukan mengenai mendekatkan diri dengan semua orang. Anda tidak akan mungkin menyukai semua pelatih dan Anda juga tidak bisa menyukai semua pemain,” ucap Lampard, dilansir skysport . Lampard mengakui masih mi - nim pengalaman sebagai pelatih, di mana baru memimpin 57 laga bersama Derby County. Namun, dia mengklaim men dapat banyak ilmu mengenai cara mengelola sua tu klub setelah bermain di ba - wah naungan sembilan nakhoda berbeda selama di Chelsea. Meski begitu, Lampard me - negaskan enggan meminta saran dari pelatih Chelsea sebelumnya. Dia memilih mengandalkan kemampuannya sendiri demi meraih sukses.

“Jangan salah menilai. Saya sering bertukar pesan dengan Jose Mourinho. Saya juga punya hubungan baik dengan Carlo Ancelotti,” ucapnya. Keputusan itu diambil Lam - pard karena merasa belum tentu saran yang diberikan bekas men - tornya dapat menjadi solusi. Se - bab, situasi di Chelsea pada masa lalu, pastinya berbeda dengan se - karang. Artinya, cara penye - lesaiannya juga tidak akan sama. “Saya tidak menjawab telepon. Sebab, jika saya menghubungi Ancelotti dan menanyakannya mengenai situasi di Chelsea, ada kemungkinan akan sangat berbeda dari situasi yang dialaminya saat itu. Saya hanya berusaha belajar melalui diri sendiri dengan bekerja setiap hari bersama pemain,” ujarnya.

Lampard tidak menampik rintangan yang akan dihadapi Chelsea pada musim 2019/2020 bakal sangat berat. Sebab, selain tidak bisa membeli pemain, Chelsea juga kehilangan sejumlah amunisi, seperti Eden Hazard yang dibeli Real Madrid. Sejauh ini, Chelsea hanya mematenkan Mateo Kovacic. Namun, Lampard optimistis Chelsea bisa menandingi Manchester City, Liverpool, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. “Kami harus bisa menandingi mereka. Chelsea adalah klub yang membidik kemenangan,” tutup Lampard. Tapi yang pasti, Lampard beserta pemain Chelsea lainnya harus terus waspada, terutama terhadap Liverpool.

Soalnya, The Reds makin berambisi menjuarai Liga Primer setelah musim lalu nyaris bertengger di puncak. Si Merah makin termotivasi lantaran sukses merajai Liga Champions. Kekalahan dari Borussia Dort - mund 2-3 pada laga persahabatan di Notre Dame Stadium, Sabtu (20/7), juga tidak bisa dijadikan acuan kalau kekuatan tim asuhan Juergen Klopp itu menurun. Soalnya, pada laga itu, Liverpool tidak menurunkan trio penyerang mautnya.

“Ketika Anda mengubah tim secara drastis, akan sangat sulit mendapat koordinasi yang bagus. Namun, itu hal bisa saat pra musim. Di luar itu, semuanya terlihat bagus. Saya yakin, kami akan sepenuhnya siap untuk menyambut musim baru,” jelas Klopp.

M mirza





Berita Lainnya...