Edisi 13-08-2019
Pemkab Bolsel Target Raih Nilai A untuk Sakip


BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel Marzansius Arvan Ohy menegaskan bahwa daerahnya telah mendapat predikat B atas penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip) tahun 2018.

Oleh sebab itu, kata Arvan, pemerintah Bolsel bertekad me ningkatkan predikat pe - nila ian Sakip menjadi A. “Bolsel sudah dapat nilai B. Kami berkomitmen ke depan dapat meraih nilai A,” kata Arvan saat membuka kegiatan praevaluasi Sakip dan refor - masi birokrasi yang dilaksana - kan di Hotel Quality, Manado. Arvan mengatakan, tujuan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah itu untuk mendorong terciptanya akun - tabilitas kinerja instansi peme - rintah sebagai salah satu pra - syarat terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

“Dengan sasaran, menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat ber - operasi secara efisien, efektif, dan responsif terhadap aspi rasi masyarakat dan lingkungannya serta terwujudnya trans - paransi instansi pemerintah dan terpeliharanya kepercaya - an masyarakat kepada peme - rintah,” jelasnya. Dia menambahkan, penye - lenggaraan Sakip ini dilak sana - kan untuk menghasilkan se - buah laporan kinerja yang ber - kualitas serta selaras dan sesuai dengan tahapan-tahapan. Kegiatan praevaluasi Sakip dan reformasi birokrasi sangat penting untuk menyongsong evaluasi lanjutan yang akan dilakukan oleh Kementerian PAN-RB.

“Saya minta para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, ka - rena komitmen Pemkab Bolsel pada 2019 adalah meraih pre - dikatSakipA, setelahpadatahun sebelumnya mem peroleh nilai Sakip B. Sementara Kabag Organi - sasi Muh. Basri Sutrimo me - nambahkan, praevaluasi ini adalah tindak lanjut dari ke - giat an penguatan Sakip yang dilaksanakan Maret lalu coaching clinic dan studi tiru ke daerah lain yang telah dilaku - kan sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Biro krasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemen-PAN-RB Ronald Andrea Annas, Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Sulut Helda Tirayoh, serta para kepala SKPD dan kasubbag program pelaporan se-Pemkab Bolsel.

Cahya sumirat