Edisi 13-08-2019
Produk UKM Potensial Masuk Pasar Rusia


JAKARTA –Kementerian Luar Negeri menggandeng Smesco mempromosikan usaha kecil menengah (UKM) Indonesia untuk masuk ke pasar Rusia.

Direktur Utama SMESCO, Emilia Suhaimi, mengatakan, adanya promosi kerja sama ini diharapkan akan berbuah kon - trak bisnis dan kesepakatan eks por antara para pelaku bisnis UMKM Indonesia dan importir Rusia. “Tidak kurang dari 60 orang pengusaha bisnis UKM dan lebih dari 15 orang pelaku bisnis dari Rusia dan diaspora warga negara Rusia yang tinggal di Indonesia menghadiri acara ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis kemarin. Dia menjelaskan, acara pro - mosi dan talkshow ini tersel - eng gara berkat kerja sama antara Smesco, iTEKO (grup importir bisnis asal Rusia) dan salah satu grup peserta Diklat Sesparlu Angkatan 62 dari Kementerian Luar Negeri.

Dalam sesi pemaparan dari para pebisnis Rusia, tampak me reka dengan senang hati men jelaskan tentang seluk-be - luk bagaimana cara ber bisnis dengan orang Rusia. “Selain itu, disampaikan pula bagaimana cara meng iden ti fikasi reputasi seorang pebis nis Rusia yang dikatakan bo nafide dan repu ta - sinya dapat dipertang gung - jawab kan atau malah ber po - tensi merugikan calon mitra dagangnya,” pa parnya. Emilia menjelaskan, poten - si pasar Rusia yang dapat di - man faatkan UKM Indonesia antara lain furnitur, kerajinan perak, kopi, cokelat, kacang mete, crude palm oil (CPO) dan produk turunannya, vanila, teh, kelapa, serta produk hor - tikultura lain.

Salah seorang pelaku usaha yang juga desainer kenamaan, Ferry Sunarto, atas undangan KBRI Moskow selama empat tahun berturut-turut telah ber hasil menyelenggarakan fa shion show tunggal di Kota Mos kow. Acaranya berhasil menarik perhatian dan di penuhi oleh para sosialita pencinta mode dari Rusia.

Hatim varabi