Edisi 13-08-2019
Budidaya Lele-Udang Diproteksi Asuransi


JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali meluncurkan produk baru di bidang asuransi perikanan, yakni Asuransi Usaha Budi Daya Udang (AUBU) dan Asuransi Perikanan bagi Pembudi Daya Ikan Kecil (APPIK).

Bertindak sebagai leader kon sor sium yakni PT Asuransi Jasa In donesia (Persero) atau Ja sindo. Kerja sama yang turut menggandeng Otoritas Jasa Ke uangan (OJK) ini bertujuan men dorong kemajuan sektor kelautan dan perikanan, ter utama ko moditas ikan lele dan juga udang. Direktur Pengem bangan Bisnis Asuransi Jasin do Sahata L Tobing menga takan premi untuk peternak lele sebesar Rp135.000 per 200 m2 yang diba yarkan per tahun. Sementara nilai perlin - dung an nya mencapai Rp4,5 juta jika terdapat gagal panen per siklus budi daya.

“Biasanya para peternak lele atau udang jika mengalami gagal panen akan mengalami kesu lit an mencari modal u ntuk mem beli bibit di siklus budi daya berikutnya. Di sini, peran kami memastikan peternak da pat te rus bekerja dan mem budida-ya kan ternak mereka,” ujar Sahata, di Jakarta, ke ma rin. Sebelumnya Asuransi Ja sin - do juga telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Konsorsium APPIK dan AUBU dengan Perikanan dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indone sia (AFPI) yang bersepakat akan memberikan akses pin jam an dan modal serta pem bentukan ekosistem bersama yang akan meningkatkan kua litas pema - saran dan penge lolaan keuangan dari para pem budi daya ikan.

Pada tahun 2020 di harap - kan skema kerja sama eko - sistem ini juga mulai membesarkan dan memperluas jang - kauan pemasaran produk asu - ransi tidak hanya yang di - subsidi oleh APBN, tetapi memberikan literasi dan me - ningkatkan ink lusi masya - rakat pembudi daya dengan meluncurkan produk asu ransi perikanan tanpa sub sidi APBN atau secara mandiri. “Semoga dengan dilun cur - kannya produk-produk baru ini akan dapat memberikan kon - tribusi nyata bagi kema juan negeri tercinta kita ini,” ujarnya.

Asuransi Jasindo juga su dah meluncurkan produk Asu ransi Tani Padi dan Asuransi Ternak Sapi. Kedua asuransi ini me lindungi para petani dari masalah gagal panen yang di sebabkan hama atau per ubah an musim. Sementara untuk peternak sapi berupa perlin dungan dari ke matian ternak sapi akibat mela hirkan, kece lakaan, keracunan, ser - ta risiko pencurian.

Heru febrianto