Edisi 13-08-2019
Harga Diri Kanada


TORONTO – Bianca Andreescu berhasil mengembalikan harga diri Kanada di pentas tenis dunia. Remaja berusia 19 tahun itu sukses merebut gelar juara piala Roger 2019 setelah di final mengalahkan petenis senior Serena Williams di Aviva Centre, toronto, Kanada, kemarin.

Serena memutuskan mundur di laga final pada saat Andreescu unggul 3-1. mantan petenis nomor satu dunia itu mengalami cedera punggung yang membuatnya tidak bisa melanjutkan pertandingan. Andreescu menjadi petenis Kanda pertama yang berhasil meraih trofi juara piala Roger sejak 50 tahun silam. petenis Kanada terakhir yang menjadi juara adalah Faye urban mlacak dan Vicki Berner pada 1969 lalu. Saat itu, namanya masih Canada open. Dia diprediksi menjadi petenis papan atas mengingat usianya masih sangat muda. gelar piala Roger 2019 menjadi prestasi cemerlang kedua Andreescu setelah pada maret lalu dia meraih trofi Bnp paribas open di india Wells.

Kini, dia berada di peringkat 14 dunia. Seusai meraih piala Rogers, Andreescu memutuskan tak mengikuti ajang Cincinnati marsters pekan ini. Dia tidak ingin mengambil risiko untuk bermain di Cincinnati dan memilih mengundurkan diri buat mengembalikan kondisinya lebih baik di ajang grand Slam Amerika Serikat terbuka, akhir bulan ini. “Saya belum pernah ke sana (Cincinnati) sehingga saya mundur dari turnamen itu. Saya harus mengontrol tubuh saya sekarang. Beberapa pekan terakhir ini tidak mudah bagi saya,” kata Andreescu, dilansir wtatennis.

Sementara itu, Serena mengatakan sakit yang dialami terkadang hilang dalam beberapa waktu. namun, ketika kambuh, sakit yang dia rasakan bisa membuatnya hanya mampu terbaring di tempat tidur. tapi, petenis berusia 37 tahun ini akan tetap melakukan perjalanan ke Cincinnati. namun, belum ada kepastian apakah ikut bertanding atau tidak dalam turnamen tersebut. “Bagian yang paling membuat saya frustrasi adalah saya mengalami kejang yang sangat mengerikan sepanjang perjalanan karier saya. ini sangat menyakitkan, tapi hilang setelah 24, 36, mungkin 48 jam.

Saya melakukan perawatan yang berbeda. Saya mengambil cuti sehari. tapi, jelas, saya tidak punya waktu 24 jam atau lebih untuk lepas landas (di toronto),” kata Serena. pada bagian putra, Rafael nadal seakan bertanding tanpa hambatan saat mengandaskan petenis asal Rusia Daniil medvedev 6-3, 6-0 pada final piala Rogers. Kemenangan ini membuatnya memperpanjang rekornya untuk kemenangannya yang ke-1.000 di turnamen masters. mantan petenis nomor satu dunia ini telah mengumpulkan 35 trofi masters dan unggul atas novak Djokovic dengan 33 trofi masters.

Sama seperti Andreescu, seusai merengkuh gelar juara, nadal juga akan melewatkan Cincinnati masters pekan ini. padahal, petenis asal Spanyol itu sebenarnya menjadi unggulan di urutan kedua di belakang Djokovic dan di depan Roger Federer yang menjadi unggulan ketiga. namun, dia berjanji akan kembali bermain saat turun di AS terbuka 2019 di uStA Billie jean King national tennis Cente, new York. “tidak ada alasan lain selain secara pribadi saya ingin merawat tubuh saya dan berusaha tetap sehat seperti yang saya rasakan sekarang. Saya berharap bisa kembali dengan kondisi terbaik saat terbang ke new York,” ucap nadal.

Raikhul amar