Edisi 13-08-2019
Dovizioso Yakin Gelar Juara Dapat Diraih


SPIELBERG– Kemenangan luar biasa yang diraih Andrea Dovizioso di GP Austria akhir pekan lalu membuat pembalap Ducati itu yakin gelar juara dunia MotoGP 2019 dapat diraih.

Apalagi, prestasi tersebut menjadi kemenangan terbaik yang diraihnya selama berkarier di ajang balap motor terbesar di dunia tersebut. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring ini, kemenangan Dovizioso diraih dengan cara sensasional. Dia berhasil mengasapi Marc Marquez di lap terakhir lomba. Kedua pembalap tersebut memang saling susul sepanjang lomba berlangsung. Namun, Dovizioso sukses keluar sebagai pemenang setelah memanfaatkan celah tipis di tikungan terakhir. Seusai lomba, Dovizioso mengaku sangat senang dengan kemenangan ini. “Kemenangan kali ini merupakan salah satu yang terbaik karena kami tak memiliki kecepatan yang sama dengan Marquez sebelum lomba,” ucap Dovizioso, dilansir situs resmiDucati.

“Saya sangat senang, apalagi untuk Ducati, karena kami membutuhkan kemenangan ini. Kemenangan ini memberi energi bagi kami di masa depan dan hal inilah yang saat ini kami butuhkan,” ujarnya. Dovizioso lalu membantah tudingan Marquez yang mengatakan bahwa dirinya bermain-main dengan riderRepsol Honda tersebut. Marquez mengklaim bahwa Dovizioso sengaja menghambat lajunya padahal motor Ducati miliknya jauh lebih cepat ketimbang RC213V milik Marquez. Padahal, riderasal Italia itu juga kerap mengalami kesulitan di atas lintasan.

“Saya tidak bermain-main dengan kecepatan. Kalau saya memang cepat, seharusnya saya menyelesaikan lomba ini sendirian. Saya memilih tancap gas di trek lurus dua kali karena jika saya menyalip Marquez di tikungan, dia punya kans untuk menunda pengereman dan masuk ke sisi dalam,” paparnya. Sementara bagi Marquez, hasil ini membuatnya tidak berhasil menghentikan dominasi Ducati dan kembali gagal menginjakkan kakinya di podium pertama di Sirkuit Red Bull Ring sejak 2016. Dalam tiga balapan terakhirnya di Spielberg, dia hanya menjadi runner-up.

Sebelumnya dia juga kalah oleh Dovizioso pada 2017 dan rekan senegaranya, Jorge Lorenzo, pada tahun lalu. Namun, riderasal Spanyol ini tidak terlalu kecewa dengan hasil balapan tersebut. Pasalnya, pembalap berusia 26 tahun itu masih berada di posisi teratas klasemen sementara pembalap MotoGP musim ini. Saat ini, Marquez berhasil mengumpulkan 230 poin atau masih unggul 58 angka dari Dovizioso yang berada di posisi kedua.

“Saya senang karena masih unggul 58 poin dari Dovizioso. Saya tidak pernah mengatakan memenangkan kejuaraan ini akan mudah. Saya memiliki rencana untuk memenangkan kejuaraan, bukan satu balapan. Saya bisa merayakan (gelar juara dunia) di Valencia (seri terakhir), pasti kegagalan ini akan terlupakan sampai kembali ke balapan di tahun berikutnya,” ungkap Marquez.

Raikhul amar