Edisi 13-08-2019
Memperhatikan Kontras Pencahayaan Luar Ruangan


TENTUNYAkita semua sering memotret di luar ruangan (outdoor), dan tidak jarang pula subjek foto yang ada di lokasi luar ruangan (outdoor) tersebut adalah teman atau keluarga kita.

Memotret di luar ruangan (outdoor) saat siang hari meskipun terkesan mudah karena pencahayaan yang terang dari matahari, tetap memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah bayangan dari objekobjek tinggi yang menyebabkan pencahayaan di lokasi pemotretan menjadi tidak merata. Antara area yang terkena sinar matahari langsung dan area yang tertutup sebagian oleh bayangan objek tinggi di sekitar area pemotretan akan menciptakan kontras yang sangat tinggi. Jika subjek foto teman atau kerabat kita berdiri di area yang hanya tercahayai sebagian oleh sinar matahari dan sebagian lagi berada di bawah bayangan objek lain, maka subjek foto akan terlihat belang terang dan gelap dengan kontras yang tinggi pada hasil foto sehingga menjadi kurang indah dilihat.

Selain itu, jika bagian wajah subjek foto terpapar sinar matahari langsung, ekspresi wajahnya akan cenderung bekernyit untuk mengantisipasi terangnya sinar matahari yang jatuh langsung ke wajahnya. Untuk mengatasi hal ini, caranya cukup mudah. Mintalah subjek foto untuk bergeser dan mencari lokasi yang tepat agar masuk seluruhnya ke area bayangan supaya pencahayaan pada subjek merata dan ekspresi wajah mereka tidak terganggu oleh terik matahari. Pastikan kita menggunakan kamera digital dengan rentang dinamik (dynamic range) yang tinggi agar kontras antara subjek dan objek foto dalam bidikan dapat terekam dengan baik.

Gunakan mode pengukuran cahaya spot metering atau partial metering untuk me - mastikan setting-an pencaha - ya an kamera diatur secara optimal pada subjek foto. Perhatikan kedua contoh foto. Pada contoh Foto 1 yang diambil dengan kamera digital Canon PowerShot G7 X mark II, meskipun keseluruhan area bidikan dapat terekam dengan cukup baik oleh kamera, subjek foto terlihat kurang indah akibat pencahayaan yang tidak merata dan terlihat berbelang.

Sebagian dari subjek foto terlihat sangat terang dan sebagian terlihat gelap. Adapun pada contoh Foto 2, subjek foto diminta bergeser sedikit ke sisi kiri foto sehingga keseluruhan subjek berada dalam area bayangan sehingga dapat terekam dengan pencahayaan yang lebih merata di hasil foto. Selamat memotret!

Oleh: Sintra Wong
Senior Division Manager Canon Image CommunicationProduct Div. PT Datascrip.