Edisi 13-08-2019
Mencari Inspirasi dari Modifikasi Digital


TEKNOLOGI dan automotif memang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Dan yang menjadi tren saat ini adalah bagaimana industri modifikasi mobil di Indonesia menjadikan teknologi sebagai bagian dari ekosistemnya. Caranya, melalui ajang modifikasi virtual.

Seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) lewat kompetisi modifikasi online bertajuk “Honda Brio Virtual Modification (V-Mod) #2” yang telah dibuka sejak 20 Juli 2019. Ajang yang terselenggara kedua kali ini mengundang komunitas desainer dan modifikator dalam acara sosialisasi dan sesi tanya jawab yang digelar di Jakarta, 1 Agustus 2019. Acaranya dihadiri perwakilan juri dan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) Indonesia selaku pelaksana acara dan diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang terdiri dari komunitas mobil Honda, perkumpulan desainer automotif, serta para pelaku modifikasi.

Selain mendapatkan penjelasan lengkap mengenai aturan dalam kompetisi ini, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai tren modifikasi digital yang sedang berkembang saat ini. Kontes “Honda Brio Virtual Modification (V-Mod) #2” mengusung tema Racing vs Elegant dan terbuka untuk masyarakat umum. Untuk berpartisipasi, peserta dapat mengirimkan desain modifikasi dalam format digital paling lambat 20 September 2019. Seluruh karya para peserta akan dipilih oleh tim juri yang terdiri dari 3 orang ber - pengalam an dalam modifikasi dan karya digital. Dari seluruh karya yang masuk, akan dipilih 10 karya (masing-masing 5 tema racing dan 5 tema elegant ) yang berkesempatan menjadi juara 1, 2, dan 3, serta kategori best decal dan favorite winner by social media .

Juara pertama di kontes ini mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta, sedangkan juara kedua sebesar Rp10 juta, dan juara ketiga sebesar Rp8 juta. Tidak hanya itu, pemenang kategori best decal akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp5 juta, pemenang kategori favorite winner by social media sebesar Rp2 juta dan 10 kontestan terbaik mendapatkan masingmasing Rp2 juta. Perwakilan NMAA Tomi Gunawan menyebut bahwa pihaknya berharap Honda Brio V-Mod #2 dapat menjaring lebih banyak peserta dengan menawarkan hadiah yang lebih besar, serta melakukan sosialisasi di berbagai kota.

Selain di Jakarta, Tomi melanjutkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi di Yogyakarta, Surabaya, dan Solo dengan mengundang berbagai modifikator Tanah Air untuk ikut berpartisipasi. Pemenang “Honda Brio Virtual Modification” akan diumumkan pada Oktober 2019. Masyarakat juga dapat memberikan suara untuk desain favorit pada kategori social media melalui akun Instagram @hondaisme . Syarat dan ketentuan lengkap serta materi untuk lomba dapat dilihat di website www.hondaindonesia. com.

Danang arradian