Edisi 14-08-2019
Hadirkan Resor Terintegrasi, MNC Land-Trump Optimistis Dongkrak Wisman


JAKARTA –Dibangunnya dua proyek wisata raksasa di Bali dan Bogor oleh MNC Land dan Trump Organization diyakini potensial mendongrak jumlah wisatawan terutama dari mancanegara ke Indonesia.

Kedua proyek destinasi pariwisata tersebut adalah Trump Residences Bali dan Trump Residences Lido, resor dan hunian ultra-mewah dan terintegrasi yang pertama di Indonesia. Proyek kerja sama Trump dan MNC Land ini digadang-gadang menjadi yang termegah dan termewah se-Asia.

MNC Land dan Trump Organization kemarin menggelar prelaunchdua proyek tersebut di Marketing Galery Trump Residences Indonesia, Park Tower, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Executive Vice President The Trump Organization, Donald Trump Jr.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo optimis tis proyek kerja sama MNC Land dengan Trump Organization bakal mendongkrak pariwisata Indonesia. Bali memiliki pasar global, selain wisatawan dari berbagai negara, juga wisatawan domestik.

Dia menargetkan kunjungan wisatawan man canegara (wisman) ke Pulau Dewata bisa meningkat hingga 10 juta, dari sebelumnya 6 juta wisman. ”Bali dipilih karena di sana selain menjadi fokus pari wisata, juga bisa mendorong wisatawan datang ke Bali. Ini akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan sejalan dengan target pemerintah untuk mendorong pariwisata," ungkapnya.

Hary mengatakan, proyek di Lido dan Bali menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan proyek lainnya karena mengusung konsep luxury dan terintegrasi. Proyek di Bali dibangun di lahan seluas 102 hektare di Tabanan meliputi hotel me wah bintang 6, lapangan golf, beach club dan vila residensial yang diselimuti keindahan panorama Samudera Hindia dan Pura Tanah Lot yang menjadi salah satu landmark paling berseja rah di Pulau Dewata.

Setiap aspek desain telah direncanakan secara terperinci dan cermat oleh Trump Organization, MNC Land, dan para desainer terkemuka di dunia antara lain Oppenheim Architecture, EDSA dan Hirsch Bedner Associates.

MNC Land juga tengah merampungkan proyek pembangunan MNC Lido City di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang meliputi Trump Resort & Residences, theme park MNC World Lido, Movie Land, Sirkuit MotoGP dan kawasan residensial premium dengan berbagai fasilitas di lahan seluas 700 hektare.

MNC World Lido akan menjadi theme park resor berkelas dunia yang pertama di Indonesia. Berbeda dengan MNC Bali Resort yang menawarkan panorama laut, Lido menyu guh kan keindahan dua gunung yakni Gunung Salak dan Gunung Pangrango dengan udaranya yang sejuk.

"Saya percaya, Lido adalah resor gaya hidup paling terintegrasi," kata Hary. Setiap hunian memiliki pemandangan langsung yang memukau ke arah 18-hole PGA stan dard golf course, serta Trump International Golf Club yang modern. Trump Residences Lido adalah resor elite yang menawarkan privasi dan eksklusivitas.

Hary menjelaskan kerja sama MNC Land dengan Trump Organization di Lido meliputi hotel, vila dan club, sedangkan theme park akan dioperasikan oleh MNC Land sendiri. Hary menjelaskan proyek di Lido pada dasarnya memiliki luas hingga 3.000 hektare dan Lido memiliki keunggulan dari berbagai perspektif.

Pertama, Lido diapit oleh dua gunung, berada 700 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang dingin.

Kedua, letaknya sangat dekat dengan Jakarta. Bisa ditempuh dalam1jam dengan adanya jalan tol ol Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Ketiga, dikelilingi tiga provinsi besar yakni Jawa Barat, Banten dan Jakarta dengan sekitar 80 juta warga ting gal di sana.

Selain itu pemerintah juga akan membangun bandara baru di Sukabumi. Nilai investasi pembangunan dua proyek tersebut, kata HT, mencapai USD1,7 miliar. Hary menjelaskan hingga saat ini, seluruh pengembangan dan pembangunan didanai oleh MNC Group. Tidak ada pembiayaan dari sumber lain.

Kalaupun ke depan akan ada pembiayaan, akan diambil dari sumber pendanaan di Indonesia. Executive Vice President The Trump Organization, Donald Trump Jr, mengaku sangat antusias bekerjasama dengan MNC Land. Menurut dia, saat proyek ini selesai, Trump Residences akan menjadi sebuah destinasi resor yang tidak tertandingi.

Dia yakin proyek mewah dan terintegrasi ini sukses dengan penjualan yang luar biasa. "Kami sangat gembira dapat bekerjasama dengan Hary Tanoesoedibjo juga MNC Land dalam menghadirkan proyek yang sangat spektakuler ini. Kesempatan yang luar biasa.

Saya pikir belum banyak negara maju yang melakukan seperti yang kami lakukan ini," tuturnya yang datang ke Indonesia bersama putra sulungnya, Donald Trump III. Donald Trump Jr juga mengaku terkesan bekerja sama dengan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Visi yang lima tahun lalu disepakati, semuanya jadi kenyataan.

“Sebuah kehormatan bisa bekerja dengan Hary dan saya sangat antusias kembali kesini," kata putra sulung Presiden AS Donald Trump ini. Diamenceritakanbagai mana kerja sama itu dimulai 5 tahun lalu dengan menyepakati sebuah visi untuk proyek impian yang menghadirkan kemewahan, kualitas, dan unsur elegan.

Lantas, visi itu ditandatangani setahun kemudian. "Visi yang telah kami set berdua benar-benar menjadi kenyataan. Saya sangat senang melihat dua proyek yang berbeda ini akan selesai bersamaan," katanya. Menurut Trump Jr, kolaborasi ini saling melengkapi, dan dia mengaku sangat senang bisa berada di Jakarta untuk me lihat hasil kerja keras yang di bangun selama empat tahun belakangan.

Trump Jr mengaku kagum dengan kerja tim MNC Land. "Mereka sangat ingin bekerja dengan benar dan mereka benarbenar tahu apa yang harus dilakukan untuk mem buatnya benar, begitu juga dengan tim kami," paparnya. Trump Jr juga me ngatakan, Indonesia dengan populasi yang besar merupa kan pasar yang lebih potensial dibandingkan dengan negara-negara lain.

Dia mengatakan, pemilihan lokasi yang tepat sangat penting dalam pem bangunan properti. Proyek di Bali dan Lido dinilainya menem pati lokasi yang sangat strategis. "Ada hamparan hijau, keindahan alam dan lapangan golf yang spektakuler.

Benar-benar tempat yang luar biasa untuk liburan akhir pekan bersama keluarga," kata. Menurut dia, Lido akan men jadi destinasi yang menyuguhkan hal yang sangat ber beda dari Jakarta. "Lido sesuatu yang sangat spesial, kita bisa 'lari' dari Jakarta untuk merasakan temperatur berbeda, pemandangan yang berbeda dari lanskap perkotaan yang sangat sibuk," jelasnya. Adapun, Bali, lanjut dia, merupakan tujuan dunia dengan samudera yang luar biasa. "Ini adalah proyek impian yang spesial," kata Trump Jr.

oktiani endarwati