Edisi 14-08-2019
Siswa Indonesia Berhasil Raih Prestasi di IOI


MENJELANG peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Indonesia, tim yang terdiri dari empat siswa SMA ini berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang International Olympiad in Informatics (IOI ) 2019.

IOI merupakan olimpiade sains di bidang informatika (khususnya pemrograman) yang diselenggarakan setiap tahun. Ajang bergengsi ini pada tahun 2019 memasuki tahun ke-31, diselenggarakan di Baku, Azerbaijan, pada 4-11 Agustus 2019.

Bersaing dengan 323 peserta lain dari 87 negara, tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas dari Amnu, 2 medali perak dari Fausta dan Vincent, dan 1 medali perunggu dari Moses Mayer.

Perolehan ini menempatkan Indonesia pada posisi peringkat juara ke-10, mengalahkan puluhan negara lain, seperti Singapura, Kanada, atau Australia. “Sejak terpilih menjadi TOKI, saya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik.

Tujuan pribadi saya adalah membuktikan kalau Indonesia tidak kalah dari negara lain dalam hal teknologi dan informatika,” kata Abdul Malik Nurrokhman delegasi SMA Semesta BBS Semarang.

Pembina TOKI Adi Mulyanto mengatakan, dengan pencapaian yang diraih dalam kompetisi IOI kali ini, kita patut memberikan penghargaan setinggitingginya untuk semangat, perjuangan dan juga pengorbanan yang telah dilakukan oleh para siswa.

Secara khusus, Adi juga mengapresiasi bantuan moral dan pelatihan yang diberikan oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI).

anton c