Edisi 18-08-2019
Anggaran Besar agar Cantik Secara Instan


Setiap wanita tentunya ingin memiliki bentuk wajah sempurna. Tak heran bila berbagai cara ditempuh untuk bisa menyempurnakannya, salah satunya dengan melakukan permak wajah.

Bagi masyarakat Indonesia, operasi plastik belum menjadi budaya tersendiri, seperti di Korea dan Thailand. Namun, minat masyarakat Indonesia untuk melakukan operasi plastik saat ini cukup banyak, bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Beberapa artis dunia pun dijadikan acuan bentuk wajah yang ideal. Tak heran bila banyak dari kaum hawa rela mengeluarkan biaya mahal hanya untuk mendapatkan penampilan sempurna dengan permak wajah. Jika dahulu banyak wanita yang mengidamkan ingin memiliki bentuk wajah seperti artis-artis Korea. Saat ini mulai bergeser ke V-shape (wajah tirus) karena menurut sebagian orang, bentuk wajah ini bisa membuat awet muda.

Menurut pakar bedah kosmetik atau estetika, Enrina Diah, segala sesuatu yang diubah terlalu ekstrem tentulah kurang bagus. Yang harus diingat, tulang rahang dan tulang pipi pada dasarnya seperti tiang atau pilar rumah yang memang berfungsi untuk menyangga otot wajah. Meskipun banyak dampak yang kurang baik dari permak wajah, hal tersebut tidak menurunkan minat kaum hawa untuk bisa memiliki bentuk wajah sempurna. Terbukti hampir 50% wanita di Indonesia menginginkan bentuk hidung mancung dan pipi tirus. “Yang paling banyak diminati adalah sedot lemak, 50% permak hidung, 30% kelopak mata, dan 20% pengencangan wajah,” ungkap Enrina saat dihubungi KORAN SINDO .

Maraknya tren permak wajah saat ini juga membawa perkembangan tersendiri dalam metodenya. Permak wajah pun tidak hanya dilakukan dengan cara operasi, tapi juga dengan nonbedah. Tak heran bila saat ini banyak klinik kecantikan yang menyediakan jasa estetika nonbedah yang mampu mengubah bentuk wajah sesuai dengan yang diinginkan. Metode yang lebih dikenal dengan estetika nonbedah atau 3D imaging ini sedang digemari berbagai kalangan. Metode yang menggabungkan antara filler , tanam benang, dan botoks ini menjadi jalan pintas untuk beberapa orang yang tidak ingin merasakan sakit seperti operasi bedah plastik pada umumnya. Metode nonbedah ini bekerja dengan menggunakan laser scanning yang bisa langsung memperlihatkan perubahan bentuk tubuh yang diinginkan.

“Metode ini memang sedang happening sekarang, walau botoks dan tanam benang ini sudah lama. Namun, apabila disatukan akan mendapatkan hasil yang lebih sempurna,” ujar dokter lulusan Universitas Indonesia ini. Tak hanya di Indonesia, Korea Selatan sendiri sudah lebih dulu memperkenalkan metode 3D untuk melakukan permak wajah. “Di Korea Selatan ternyata sudah jarang melakukan permak wajah dengan cara operasi. Mereka lebih senang melakukan cara nonbedah karena hasilnya lebih terlihat natural,” ungkapnya Bila melihat dari segi kesehatannya, permak wajah dengan metode operasi dan nonoperasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda lebih memilih melakukan operasi, tentunya harus memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu.

“Semua operasi kalau tidak dikerjakan dengan persiapan yang baik, mau usia muda atau tua, tetap saja berisiko. Sebelum dilakukan operasi tentunya harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu, pastikan juga dokter yang melakukan sudah terbiasa untuk tindakan bedah plastik,” ungkap spesialis Dermatovenereologist, Jonathan Subekti. Sementara jika Anda memilih untuk memermak wajah dengan jalan nonbedah, minim efek samping.

Cairan filter yang digunakan sama dengan yang diproduksi oleh tubuh dan benang yang digunakan juga sangat umum dipakai pada dunia kedokteran. “Untuk orang yang baru menjalani metode estetika nonbedah, ada baiknya menjalani gaya hidup sehat. Seperti tidak merokok, minum alkohol, dan tidak melakukan perawatan wajah dengan laser,” kata Jonathan. Tidak hanya sebatas pada kaum hawa, kebutuhan untuk memperindah penampilan kerap dilakukan oleh kalangan pria. Yang membedakan hanya kebutuhan dari masing-masing anggota tubuh. Untuk laki-laki biasanya lebih banyak melakukan permak pada bagian kelopak mata atas dan hidung. Namun, untuk saat ini yang paling digandrungi adalah bagian perut yang dibuat menjadi lebih berotot (six pack ).

Tentunya tren permak wajah ini akan terus meningkat setiap tahunnya, mengingat kebutuhan akan penampilan cantik dan sempurna sudah menjadi satu kewajiban tersendiri. Terlebih lagi, di kalangan model dan sosialita. Jika dilihat dari segi usia, saat ini tidak hanya kalangan dengan usia di atas 40 tahun, wanita yang berusia di bawah 20 tahun pun sudah banyak yang melakukan permak wajah. Sementara di kalangan pria, permak wajah banyak dilakukan pada usia 30 tahun. “Dalam lima tahun terakhir ini banyak wanita berusia 18 tahun melakukan permak wajah, tapi lebih pada bagian hidung dan bibir,” ujar Jonathan.

Beberapa pasien yang sudah sekali melakukan permak wajah, pasti akan selalu terobsesi untuk memperbaiki bagian wajah lainnya. Untuk itu, Jonathan selalu memberikan edukasi tentang batasan yang ideal dalam melakukan operasi plastik. “Orang yang ketagihan melakukan operasi plastik, pasti sudah terkena kejiwaannya. Peran dokter juga sangat dibutuhkan untuk bisa menghentikannya,” jelasnya.

Jika berbicara biaya yang dibutuhkan, tentunya bergantung pada jenis bagian wajah yang diinginkan. Bahkan beberapa klinik kecantikan di Jakarta ada yang membanderol harga dari puluhan hingga ratusan juta untuk sekali tindakannya. ‎Bila Anda ingin melakukan tindakan sedot lemak, dana yang harus disiapkan sekitar Rp50 juta. Sementara untuk implan berkisar Rp100 juta. “Untuk biaya dengan menggunakan metode nonoperasi, mulai Rp35 juta sampai Rp60 juta,” jelas Jonathan.

Aprilia s andyna