Edisi 18-08-2019
India Gelar Lomba Layang-layang, Meksiko Bunyikan Lonceng Bersejarah


Sejumlah negara di dunia juga merayakan pesta besar untuk memperingati hari kemerdekaan dan jasa para pahlawan yang membawa mereka menuju kemerdekaan. Namun lain ladang lain belalang. Setiap negara memiliki budaya perayaan berbeda.

India misalnya. Sama seperti di Indonesia, mereka juga menggelar parade dan pesta kembang api. Umbul-umbul bendera juga banyak dipasang di gedung, sekolah hingga rumah. Namun ada yang berbeda. India yang dijajah Inggris sejak tahun 1858 dan meraih kemerdekaan pada 15 Agustus 1947 atau tidak lama setelah Perang Dunia II berakhir pada 1945 juga merayakan dengan menggelar lomba layang-layang. Korea Selatan (Korsel) memiliki dua hari peringatan nasional setiap tahun. Pada 1 Maret, warga Korsel biasanya memperingati jasa para pahlawan, sedangkan pada 15 Agustus memperingati kemerdekaan dari Jepang dengan pesta, mengibarkan bendera, dan menyanyikan lagu nasional.

Di Meksiko, kepala negara biasanya membunyikan lonceng bersejarah pada malam 15 September atau beberapa jam sebelum HUT negara. Dia berteriak ”Mexicanos Viva Mexico ” di hadapan khalayak. Dulu pendeta gereja Meksiko membunyikan lonceng untuk mengumpulkan masa melawan penjajah. Pada hari H, warga Meksiko biasanya menggelar parade, tarian tradisional, dan adu banteng. Puncak acara dilakukan di Zocalo, plaza di Mexico City. Selama September penuh atau Mes de la Patria, seluruh restoran menyajikan makanan tradisional. Meksiko terbebas dari penjajahan Spanyol pada 16 September 1810. Sama seperti Meksiko, warga Peru juga merayakan kemerdekaan pada malam sebelum hari H dengan memainkan musik c reole di tempat umum.

Saat matahari terbit pada 28 Juli, sebanyak 21 kanon ditembakkan sembari menaikkan bendera. Warga lalu melakukan adu ayam, adu banteng, dan balap kuda. Bolivia juga menggelar pesta dengan kembang api, parade, karnaval, dan musik. Bahkan pestanya selama dua hari. Acara utama biasanya diisi parade militer pada 6 Agustus. Adapun Kosta Rika tidak melakukan perang untuk merebut kemerdekaan mengingat Spanyol kewalahan setelah mendapat perlawanan di berbagai area di Amerika Tengah.

Pada 6 Maret 1957, Ghana menjadi negara Afrika pertama yang meraih kemerdekaan dari penjajahan Inggris. Mereka biasanya melakukan parade, menyalakan kembang api, dan menggelar pesta di jalan umum. Warga Haiti yang terbebas dari Prancis juga menggelar pesta makanan dan minuman setiap 1 Januari.

Muh shamil