Edisi 20-08-2019
Program Strategis untuk Bangkitkan Ekonomi Rakyat


Dari wilayah penuh konflik dan terpencil, Kabupaten Puncak kini berubah menjadi sangat hidup. Kebijakan strategis Bupati Willem Wandik yang memberikan subsidi hasil bumi, subsidi angkutan udara, pembelian pesawat terbang, pendirian Pusat Grosir Ilaga, dan menurunkan harga barang kebutuhan pokok membuat ekonomi masyarakat bangkit dan tumbuh.

Investasi melalui BUMD juga berhasil menurunkan harga-harga bahan pokok sampai 30% di bawah harga pasaran. P uncak adalah sebuah kabupaten yang berada di wilayah ke ting gian di pe gu nungan tengah Papua. Puncak juga dikenal sebagai daerah ter mahal di Indonesia. Hargaharga ke bu tuh an pokok dan ba han bangun an men ja di sa - ngat mahal ka rena semua harus di angkut dengan pe sa wat terbang kecil dengan daya angkut terbatas. Namun geliat perekonomian ma syarakat Kabupaten Puncak mu lai terlihat sejak tahun 2014 atau ta hun kedua sejak Willem Wandik menjabat Bupati Pun cak untuk periode pertama (2013- 2018).

Menggeliatnya per eko no mian daerah ini tak lepas dari ber - bagai program prioritas pe me - rintah daerah yang di ca nang kan mulai tahun 2013, di an taranya adalah subsidi hasil bumi, sub - sidi penerbangan, dan per ce pat - an pembangunan Infrastruktur. Salah satu in di kator nyata dari pertumbuhan ekonomi yang ma kin maju ada lah frekuensi pe - nerbangan pe sa wat dari daerah pantai yaitu Timika dan Nabire ke Ilaga dan distrikdistrik lain di Puncak, khu susnya Beoga dan Sinak. Khusus untuk pe - nerbangan ke Ila ga, sampai dengan awal tahun 2013 ra ta-rata hanya ter da pat 3 kali penerbangan per ming gu, kemudian mu lai per te ngah an tahun 2013 bertambah men jadi 3 kali per hari.

Fre kuensi pe nerbangan ke Ka bu pa ten Pun cak khususnya ke Ilaga ber tam bah lagi menjadi 5-7 kali per hari pada tahun 2014-2015, dan mulai tahun 2016 hingga 2019 terus ber tam - bah secara drastis. Pada tahun 2017 rata-rata per hari terdapat 20 kali pe ner bang an ke Ilaga, ber tambah menjadi sekitar 30 kali penerbangan per hari pada ta hun 2018, dan men jadi se ki tar 35 pener bang an per hari pada ta - hun 2019. Bahkan ketika ter da - pat kegiatan atau acara-acara khu sus di Kabupaten Puncak, to - tal penerbangan ke Distrik Ilaga, Sinak, dan Beoga bisa men ca pai 50 kali pe ner bang an per hari.

Ting gi nya fre kuensi p e s awat yang men da rat dan terbang kem bali dari be be rapa distrik di wi la yah Ka bu pa ten Pun cak ini membe ri kan gam baran ten tang ting gi nya ak - tivitas pem - ba ngun an yang terjadi di daerah ini, se ka li gus g a m b a r a n tentang di na mika kehidupan ekonomi yang makin membaik. Pesawat-pe sawat yang mendarat dan be rang - kat dari Kabupaten Puncak bu - kan hanya mengangkut pe num - pang, namun juga menjadi sa - rana angkutan barang seperti ba - han makanan, bahan bangunan, BBM, hasil bumi, dan berbagai barang kebutuhan pokok ma sya - rakat. Tingginya frekuensi pener bangan dengan jelas meng - gambarkan semakin kuatnya aktivitas ekonomi Papua.

Selama pe rio de 2013-2018, pe merintah Kabupaten Pun cak, di bawah kepe mim pinan Bu pati Willem Wandik te - lah men - ja lankan bebe rapa program ung gulan da lam rangka me ning kat - kan per eko no mi - an ma sya rakat Pun cak. Prog ram-prog ram ung g ul an pa da klus - ter per eko - nomian da - pat dibagi men jadi tiga sek tor yang luas yaitu, in fra struk - tur fi sik, per ta ni an dan per kebunan, ser ta per in dus trian dan per da gang an. Infrastruktur antara lain Pembukaan jalan dan jembatan lintas distrik, yakni jalan Ilaga- Gome sepanjang 12 km, jalan di Distrik Sinak sepanjang 8 km dan jalan di Distrik Beoga sepan jang 10 km.

Pembangunan ekonomi ma - sya rakat berdasarkan potensi lokal juga sudah dilakukan de - ngan program-program ung - gul an pada sektor pertanian ter masuk di dalamnya sub sek - tor perkebunan, ta nam an pa - ngan, dan holti kul tura, serta sayuran. Selain per - ta nian da lam arti luas, sektor per industrian dan per da gang an juga men dapat per ha tian serius pada masa pe - merintahan Willem Wandik. Sebagai bagian dari upaya me - ningkatkan perekonomian lo - kal, beberapa program ung gul - an yang sudah dilaksanakan an - tara lain pengemasan dan pe - masaran produk unggulan dae - rah seperti terong belanda dan buah merah.

Berbagai terobosan yang su - dah dilaksanakan oleh Peme rintah Kabupaten Puncak di ba wah kepemimpinan Bupati Willem Wandik telah mem be ri kan dam pak positif bagi eko nomi masyarakat. Hasil dari prog ram pembangunan dapat di lihat dari menurunnya ting kat pe ngang - guran terbuka dan mening kat - nya pertumbuhan sektor in - dustri pengolahan terhadap per ekonomian dae rah Program-program pem ba - ngunan daerah serta geliat per - ekonomian masyarakat di Ka bu - paten Puncak memberikan gam - baran tentang dinamika dan capaian kinerja Bupati Pun cak dalam mewujudkan visi Pun cak yang makin maju dan sejahtera.

“Dengan tantangan geografis yang sulit, terbukti kabupaten Puncak bisa tetap sur vive dan bahkan berhasil me laksanakan pembangunan dengan baik,” ujar Ketua Tim Percepatan Pem - bangunan Ka bu paten Puncak Bambang Pur wo ko dalam ke te - rangan ter tulis nya.

Sumber adv: Drs. Bambang Purwoko, MA Ketua Gugus Tugas Papua - Universitas Gadjah Mada