Edisi 20-08-2019
Dari Solidaritas Bantar Gebang hingga Lomba Joget “Syantik”


MOSKOW –Sesuai tema Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 RI “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus M Wahid Supriyadi dalam sambutan upacara HUT RI, 17 Agustus 2019 di KBRI Moskow menekankan pentingnya peran sumber daya manusia (SDM) bagi ke unggulan bangsa.

Dubes Wahid berpesan ke - pa da para mahasiswa Indo ne - sia di Rusia agar giat belajar dan semangat menuntut ilmu su - pa ya berhasil dan kembali ke Ta nah Air untuk turut mem ba - ngun bangsa Indonesia. Dubes Wahid juga meng - ingatkan pentingnya warga ne gara Indonesia (WNI) di Ru - sia untuk selalu menjaga per - sau daraan, persatuan, dan ke - satuan bangsa Indonesia. WNI di Rusia juga harus saling mem bantu, termasuk mem - ban tu sesama WNI di Tanah Air yang kurang beruntung, khususnya dalam memper - oleh akses pendidikan. “KBRI Moskow saat ini mem bina anak-anak pemu - lung di Bantar Gebang. Di an ta - ra anak-anak tersebut sudah ada yang lulus kuliah dan be - kerja.

Salah seorang dari me - reka yang masih kuliah di se - mester tiga ikut serta pada Fes - tival Indonesia lalu di Moskow dengan memamerkan produkproduk dan lukisan anak-anak keluarga pemulung Bantar Ge - bang,” kata Dubes Wahid. Perayaan HUT Ke-74 RI me - madukan kebersamaan ti dak hanya bagi WNI di Rusia, te tapi juga antara WNI dengan warga Ru sia. Sekitar 350 orang meng - ikuti perayaan HUT RI mulai dari upacara pengibaran ben de - ra Merah Putih, hibur an, sam - pai penurunan ben de ra Merah Putih. Suhu yang di ngin sekitar 16 derajat Celsius disertai hujan gerimis tidak menyurutkan semangat mere ka hadir untuk merayakan HUT RI.

Selain staf beserta keluarga besar KBRI Moskow, tampak ju ga para mahasiswa dan tena - ga kerja Indonesia. Hadir juga WNI yang sedang melakukan perjalanan di Moskow, baik un tuk urusan kerja atau wisa - ta, seperti rombongan dokter ahli bedah dari Makassar, aso - si asi Bank Daerah, dan Uni ver - sitas Teknologi Sumbawa. Sementara itu, lebih dari 100 orang warga Rusia hadir se - perti para pencinta dan sa - habat Indonesia, siswa-siswi dan pengajar dari berbagai se - kolah di Rusia yang menjadi mi - tra Sekolah Indonesia Mos kow. Tidak ketinggalan pula dias po - ra Indonesia di Rusia yang umumnya merupakan ge nera - si kedua eks mahasiswa ikatan dinas era Presiden Soe karno.

“Kami datang ke KBRI Mos - kow dengan 100 orang siswasiswi sekolah Rusia beserta pa - ra staf pengajarnya untuk ikut merayakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia,” kata President Interregional Public Organization “Harmony of Peace” Rusia Tatyana Naza ren - ko-Matveeva. Tatyana menyampaikan mes kipun masih masa liburan, siswa-siswi merasa senang di - undang ikut serta pada HUT RI ini sehingga mereka dapat me - ngetahui tradisi Indonesia saat perayaan hari kemer de kaan, termasuk upacara pengibar an bendera.

Vladimir Protnikov, Duta Besar Rusia untuk Indonesia pa da 1999-2004, hampir tidak per nah absen mengikuti perayaan HUT RI di KBRI Moskow dalam beberapa tahun ter - akhir dan menyampaikan kebanggaannya menghadiri rang kaian perayaan HUT RI. Du bes Vladimir Plotnikov yang pernah bertugas di Indonesia secara keseluruhan sekitar 20 tahun merasakan dirinya bagian dari jembatan persahabatan Rusia- Indonesia. HUT RI disemarakkan oleh acara panggung hiburan dari masyarakat untuk masyarakat. Pengisi acara tidak hanya WNI, seperti staf KBRI Moskow, termasuk Dubes Wahid Supriyadi, mahasiswa, dan pekerja, tetapi juga warga Rusia.

Acara hiburan berupa persem - bahan nyanyian, tarian, pencak silat, pembacaan puisi, dan lainnya, bahkan lomba joget “Syantik” yang akhir-akhir ini sedang populer. Di antara pengisi acara ada - lah Dmitry Maloletov, seorang gitaris profesional Rusia yang membawakan lagu Bengawan Solo. Yang menarik lainnya ada lah Masha Ostrovskaya, gadis cilik berusia enam tahun yang berjoget dan menyanyi lagu Syantik meskipun dia be - lum pernah ke Indonesia dan ti dak bisa berbahasa Indone - sia. Masha bahkan terlibat da - lam lomba joget “Syantik”. Masha hafal lagu Syantik dan beberapa lagu lainnya se - perti Bangun Tidur dan Paman Datang. Masha tahu lagu-lagu ini dari ibunya dan sering men - dengarkannya melalui inter - net.

Pada Oktober mendatang Masha yang menyukai kecap manis dan nasi goreng ini akan berwisata ke Indonesia bersa - ma ibunya yang sudah bebe ra - pa kali berkunjung ke berbagai daerah Indonesia. Perayaan HUT RI diisi juga dengan acara kekonsuleran. Se bagai bagian dari perlin - dung an terhadap WNI di Ru - sia, KBRI Moskow menyam - pai kan ihwal yang harus di - ketahui oleh WNI di Rusia se - perti menaati peraturan yang berlaku di Indonesia dan Ru - sia, memperhatikan dokumen dan masa berlaku izin tinggal (visa, registrasi), dan paspor, serta mengimbau untuk lapor diri ke KBRI Moskow yang saat ini sudah dapat dilakukan se - cara online.

Muh shamil